F-KB MPR RI Dorong Penyetaraan Guru Swasta dengan Negeri

Jakarta-

Fraksi Kebangkitan Bangsa (F-KB) MPR RI mendorong pemerintah menyetarakan guru swasta dengan guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

Pernyataan itu disampaikan Ketua F-KB MPR RI, Jazilul Fawaid, di hadapan puluhan kepala madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) se-Kecamatan Paciran, Lamongan saat kunjungan ke Kantor DPR RI (3/7/2018).

Legislator yang dipanggil Jazil itu menyatakan, saat ini kesejahteraan antara guru swasta dan guru negeri masih timpang. Banyak guru honorer yang hanya menerima gaji Rp200 ribu perbulan. Padahal, jam mengajarnya juga penuh dari pagi hingga pulang sekolah.

”Oleh sebab itu, nasib guru swasta harus diperjuangkan bersama. Sehingga, ada penyetaraan,’ katanya.

Anggota DPR RI Dapil Lamogan-Gresik menyambut baik kedatangan para kepala madrasah. Bahkan, dirinya mengajak anggota fraksi lain untuk ikut mendorong dan mengupayakan agar guru-guru swasta memiliki status yang sama dengan guru negeri dari segi kesejahteraan.

Dalam kesempatan itu, Jazil juga menyampaikan bahwa rendahnya IPM saat ini karena sangat berkaitan dengan pendidikan. Karena itu, demi mendorong pendidikan yang bermutu tentu harus berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan guru.

Sementara itu, Koordinator KKM se-Kecamatan Paciran, Misbahul Munir menyampaikan bahwa kondisi guru-guru swasta yang senior belum mendapat penyetaraan (inpassing). Mereka masih kalah dengan guru-guru yang baru diangkat.

“Inilah yang menjadi tanda tanya besar bagi kami,” tuturnya.

Atas dasar itulah, dia berharap dalam pertemuan dengan F-KB MPR RI supaya dapat diperjuangkan nasib guru-guru swasta. Sehingga, ada penyetaraan dengan guru negeri. Sehinga terjadi keadilan dalam pemenuhan hak dan kewajiban di antara guru.red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here