10 Fitur Baru iOS 18 yang Nyontek dari Samsung One UI 6.1

GresikSatu | Apple baru saja mengumumkan peluncuran iOS 18 dengan sejumlah fitur baru yang menarik. Banyak dari fitur ini tampaknya terinspirasi dari One UI 6.1 milik Samsung.

Apa saja fitur-fitur yang di contek iPhone dari samsung?, berikut simak pembahasan sepuluh fitur baru di iOS 18 yang mirip dengan yang ada di One UI 6.1.

1. Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Apple telah memperkenalkan perubahan besar pada antarmuka pengguna iOS 18, menjadikannya lebih intuitif dan mudah digunakan.

Desain baru ini mengadopsi elemen-elemen dari One UI 6.1, seperti ikon yang lebih besar dan navigasi yang lebih sederhana.

2. Warna ikon aplikasi dapat diubah

Pengguna iPhone dan iPad kini dapat mengubah warna ikon aplikasi dengan memilih warna pilihan mereka di iOS 18 dan iPadOS 18.

Fitur ini telah hadir di ponsel dan tablet Samsung Galaxy dalam bentuk “Palet Warna” selama beberapa tahun. Adapun fitur ini merupakan buatan Google untuk Android bernama “Made by U”.

3. Widget yang Dapat Disesuaikan

Seperti One UI 6.1, iOS 18 memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan widget pada layar beranda mereka.

Pengguna dapat mengubah ukuran, posisi, dan informasi yang ditampilkan pada widget sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga:  Tiga Raksasa Teknologi Peringatan Dampak Buruk AI bagi Bisnis

4. Mode permainan (Game Mode)

Apple memperkenalkan mode permainan yang menangguhkan aktivitas latar belakang untuk menawarkan kecepatan bingkai game yang lebih baik.

Mode ini juga mengurangi gangguan dari notifikasi di iOS 18 dan iPadOS 18. Samsung Galaxy memiliki fitur yang sama di One UI melalui Game Booster dan Mode Prioritasnya.

5. Fitur Multitasking

Apple telah meningkatkan kemampuan multitasking di iOS 18 dengan menambahkan fitur seret dan letakkan yang lebih canggih.

Fitur ini mirip dengan yang ada di One UI 6.1. Pengguna sekarang dapat dengan mudah memindahkan konten antar aplikasi dengan lebih efisien.

6. Mengoreksi teks dan saran nada bahasa

Dengan kecanggihan Large Language Models (LLM) dan Machine Learning (ML), , Apple memperkenalkan cara untuk mengoreksi dokumen, email, catatan, dan pesan teks.

Mereka juga memperkenalkan saran gaya penulisan dengan iOS 18 dan iPadOS 18.

Samsung memperkenalkan fitur serupa awal tahun ini untuk ponsel dan tablet Galaxy dengan One UI 6.1.

Fitur tersebut sebelumnya telah tersedia di sebagian besar perangkat Galaxy kelas atas yang dirilis beberapa tahun lalu.

7. Meringkas artikel di web

Dengan One UI 6.1, Samsung menghadirkan kemampuan untuk merangkum artikel dan halaman web melalui browser web Internet Samsung.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat IKD (e-KTP Digital) dari HP

Fitur yang sama kini tersedia di browser web Safari di perangkat Apple yang menjalankan iOS 18 dan iPadOS 18.

8. Kustomisasi layar kunci

Samsung memungkinkan pengguna mengubah pintasan kiri dan kanan di layar kunci.

Misalnya, mereka dapat memilih aplikasi atau tindakan aplikasi apa pun dari aplikasi stok atau memilih aplikasi pihak ketiga.

Apple akhirnya menerapkan fitur ini di iOS 18 dan iPadOS 18.

9. Menyembunyikan aplikasi

Apple memperkenalkan fitur menyembunyikan aplikasi di laci aplikasi dengan iOS 18 dan iPadOS 18.

Samsung telah memiliki opsi ini di One UI selama bertahun-tahun.

10. Integrasi Lintas Perangkat yang Lebih Lancar

iOS 18 memperkenalkan integrasi lintas perangkat yang lebih lancar, memungkinkan pengguna untuk beralih antar perangkat.

Fitur Apple ini, mirip dengan ekosistem yang ditawarkan oleh Samsung dengan One UI 6.1. yang lebih dulu dikenal dengan Samsung Dex

Dengan adanya fitur-fitur baru ini, iOS 18 tidak hanya menjadi lebih user-friendly tetapi juga menawarkan peningkatan fungsionalitas yang signifikan.

Namun, ada beberapa fitur yang memang terkesan nyontek dari samsung One UI 6.1. yang dikenl telah memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih menyenangkan.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler