5 Buah yang Sering Dianggap Sehat, Tapi Bisa Berdampak Negatif Pada Kesehatan

GresikSatu | Buah-buahan dikenal sebagai bagian penting dari diet sehat, kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, tidak semua buah sebaik yang kita kira. Ada beberapa buah yang meskipun terlihat sehat, sebenarnya bisa memberikan efek buruk jika dikonsumsi berlebihan.

Lebih lanjut kita akan membahas lima buah yang sering dianggap sehat tetapi sebenarnya bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh kita.

1. Mangga

Mangga adalah buah yang manis dan lezat, tetapi juga mengandung kadar gula yang tinggi.

Satu mangga dapat mengandung hingga 45 gram gula. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes.

Selain tinggi gula, mangga juga tinggi kalori. Bagi mereka yang mengontrol asupan kalori, mengkonsumsi mangga dalam jumlah besar bisa menggagalkan usaha penurunan berat badan.

2. Anggur

Anggur mengandung gula fruktosa yang tinggi. Fruktosa dalam jumlah besar dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan risiko penyakit hati berlemak non-alkoholik.

Anggur memiliki kandungan serat yang rendah dibandingkan buah lainnya, sehingga tidak memberikan rasa kenyang yang tahan lama dan dapat menyebabkan kita mengkonsumsi lebih banyak kalori.

Baca juga:  Antisipasi Kedatangan PMI, Stadion Gejos Kembali Digunakan Karantina

3. Pisang

Pisang memiliki indeks glikemik yang relatif tinggi, yang berarti dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat.

Hal ini bisa menjadi masalah bagi penderita diabetes atau mereka yang mengontrol kadar gula darah.

Pisang juga tinggi kalori dibandingkan dengan buah lainnya. Meskipun memberikan energi yang cepat, mengkonsumsinya dalam jumlah besar dapat mengakibatkan penambahan berat badan.

4. Durian

Durian adalah buah yang kontroversial. Meskipun kaya akan vitamin dan mineral, durian juga tinggi lemak dan kalori.

Konsumsi durian berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan kolesterol tinggi.

Aroma kuat durian bisa menjadi tanda kandungan sulfur yang tinggi, yang jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa mengganggu kesehatan pencernaan.

5. Nanas

Nanas mengandung asam yang tinggi, yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan seperti maag.

Seperti buah lainnya, nanas juga mengandung gula yang cukup tinggi. Konsumsi nanas berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Alternatif Buah yang Lebih Sehat

  • Apel

Apel kaya akan serat dan rendah kalori, menjadikannya pilihan yang baik untuk camilan sehat. Apel juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

  • Berry

Berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry memiliki kandungan gula yang rendah dan tinggi antioksidan. Mereka juga kaya serat, membantu menjaga kesehatan pencernaan.

  • Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan serat, serta memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan buah-buahan yang disebutkan sebelumnya.

Baca juga:  Jalin Keakraban, Manajemen RSWH Balongpanggang Silaturahmi dengan PWI Gresik

Tips Mengkonsumsi Buah dengan Bijak

  • Batasi Porsi: Konsumsilah buah dalam porsi yang wajar untuk menghindari kelebihan gula dan kalori.
  • Pilih Buah Rendah Gula: Pilih buah-buahan yang rendah gula seperti beri, apel, dan jeruk.
  • Perhatikan Indeks Glikemik: Pilih buah-buahan dengan indeks glikemik rendah untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Variasi: Konsumsi berbagai jenis buah untuk mendapatkan berbagai macam nutrisi dan manfaat kesehatan.

Meskipun buah-buahan adalah bagian penting dari diet sehat, kita harus bijaksana dalam memilih dan mengkonsumsinya.

Beberapa buah yang tampak sehat sebenarnya bisa memberikan efek negatif jika dikonsumsi berlebihan.

Dengan memilih buah yang rendah gula dan tinggi serat, serta mengkonsumsinya dalam porsi yang wajar, kita bisa tetap mendapatkan manfaat kesehatan tanpa risiko yang tidak diinginkan.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler