5 Desa Wisata di Bojonegoro: Tawarkan Keindahan Alam, Pengalaman Jadi Petani Hingga Wisata Edukatif

GresikSatu | Bojonegoro, sebuah kabupaten di Jawa Timur, tidak hanya dikenal dengan sumber daya minyak dan gasnya, tetapi juga memiliki kekayaan wisata yang menakjubkan.

Di antara banyak tempat wisata yang ada, desa wisata di Bojonegoro menawarkan pengalaman unik yang memadukan keindahan alam, budaya, dan edukasi tentang alam.

Mari kita jelajahi delapan desa wisata yang wajib dikunjungi di Bojonegoro.

1. Desa Wisata Sambongrejo

Desa Wisata Sambongrejo, terletak di lembah tertinggi Pengunungan Kendeng, adalah destinasi wisata dan edukasi di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro.

Di sini, Anda dapat mengunjungi Taman Watu Romo dengan replika ikon Bojonegoro, menikmati berbagai stand UMKM untuk bersantai, serta bermain di taman bermain atau berenang di kolam renang umum yang luas.

2. Desa Wisata Kampung Tumo

Desa Wisata Kampung Tumo, yang dikenal sebagai “Kampung Inggrisnya Bojonegoro”, menawarkan pengalaman edukasi dan pengembangan diri di samping pemandangan alamnya yang menawan.

Terletak di Jalan Kedewan, Hargomulyo, Bojonegoro, desa ini menyediakan kelas bahasa Inggris, pelatihan public speaking, dan banyak lagi.

wisatawan juga bisa menikmati penginapan nyaman, glamping ground, kafe, restoran, kolam renang, dan bahkan pesta pernikahan bertema alam.

Baca juga:  Ini Penjelasan BMKG Tuban Soal Udara Dingin di Musim Kemarau

3. Desa Wisata Kalianyar

Desa Wisata Kalianyar di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, didirikan karena adanya lapangan yang tidak dimanfaatkan sejak 2010.

Kemudian pada tahun 2019 lapangan ini diubah menjadi Taman Kalianyar Mumbul, dengan berbagai tanaman bunga, pohon pule, kembang kertas, dan bunga warna-warni.

Fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Kalianyar antara lain spot foto selfie, perahu bebek, dan aneka permainan anak-anak.

Dengan tiket masuk seharga Rp 3 ribu, pengunjung dapat menikmati taman serta memberi makan ikan.

4. Desa Wisata Puthuk Kreweng

Desa Wisata Puthuk Kreweng di Bojonegoro adalah tempat yang menawarkan keindahan alam luar biasa dan berbagai aktivitas seru.

Di lahan seluas tujuh hektare, pengunjung bisa menikmati flying fox, kolam renang, outbound, dan sirkuit motor trail seribu tanjakan yang terkenal dengan tantangannya.

Terletak di Jalan Raya Gayam, Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5 ribu.

Baca juga:  Konser Guyon Waton di Porkab 2024 Tuban Diwarnai Kericuhan

Selain untuk rekreasi keluarga, Puthuk Kreweng juga menyediakan penyewaan tempat untuk berbagai acara seperti rapat, pernikahan, dan tasyakuran. Pengunjung juga bisa menikmati senam, bermain ATV, atau bersantai di gazebo.

5. Desa Wisata Edukasi Pejambon

Desa Wisata Edukasi Pejambon, yang termasuk dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, berlokasi di Desa Pejambon, Sumberrejo, Bojonegoro.

Desa ini menawarkan konsep wisata edukasi yang menggabungkan pertanian melalui museum dan aktivitas outbound.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana seperti permainan ATV, flying fox, wisata di tengah sawah, spot selfie yang instagrammable, serta kolam renang yang disediakan untuk dewasa dan anak-anak.

Desa ini juga sering dijadikan tempat kegiatan edukatif bagi sekolah-sekolah yang ingin mengadakan field trip.

Desa wisata di Bojonegoro menawarkan pengalaman yang unik dan beragam bagi setiap pengunjung.

Mulai dari keindahan alam, kekayaan budaya, hingga aktivitas pertanian, setiap desa memiliki daya tariknya sendiri yang layak untuk dijelajahi.

Dengan mengunjungi desa-desa ini, kita tidak hanya menikmati keindahan dan keragaman budaya, tetapi juga mendukung perekonomian lokal dan konservasi lingkungan.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler