Minggu, Januari 29, 2023

5 Minuman Khas Gresik yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

GresikSatu | Sebagai kota yang kaya akan kuliner, Gresik juga menyimpan banyak minuman khas yang wajib dicicipi. Tidak hanya sekali, dijamin ketagihan terus menerus. Sebab, selain nikmat banyak diantaranya yang juga baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Terutama disaat musim hujan melanda.

Berikut 5 Minuman di Gresik yang cocok dinikmati saat musim penghujan :

1. Wedang Pokak

Gresiksatu.com
Wedang pokak dan rempah yang terkandung di dalamnya (ig @bany_nur_usman)

Wedang pokak merupakan minuman tradisional asal Jawa Timur, dan terkenal di Gresik. Bahkan, diklaim oleh beberapa daerah sebagai minuman khas miliknya.

Minuman satu ini diracik dari 8 jenis rempah, seperti jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, serai, merica, daun pandan dan bunga lawang. Khasiatnya pun beragam, mulai dari mengurangi nyeri datang bulan, meredakan sakit kepala, hingga menghangatkan tubuh saat hawa dingin menusuk.

Baca juga:  Sego Roomo, Makanan Khas yang Hanya Ada di Gresik

2. Kopi Kopyok

Gresiksatu.com
Rutinitas ngopi kopyok areg Gresik an (ig @mifth_huda)

Minuman legendaris khas Gresik ini disajikan dengan tumbukan kasar dan gula bubuk putih diatas. Ampas kopi yang menyembul menjadikannya tidak dapat langsung dinikmati, harus melalui proses diaduk terlebih dahulu.

Kopi kopyok bertekstur lebih kental dari kopi kebanyakan, karena penggunaan bubuk kopi cenderung lebih banyak. Sensasi yang ditawarkan pun berbeda. Bibir kita akan dipenuhi serbuk kasar saat asyik menyeruput. 

3. Angsle

Gresiksatu.com
Minuman manis Angsle khas Gresik (ig @sashylittlekitchen)

Angsle atau wedang angsle adalah minuman khas Jawa Timur yang menyerupai kolak. Dominan dengan rasa manis dibalut kentalnya santan.

Terdiri dari kuah santan jahe hangat dengan isian ketan hitam, kacang hijau, dan roti tawar sesuai selera. Ditambah daun pandan sebagai pelengkap aroma.

Baca juga:  Inilah Penampakan Nasi Krawu, Kuliner Khas Gresik yang Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

4. Sinom

Gresiksatu.com
Sinom khas para para penjual jamu gendong (ig @omahjamu_mboknil)

Ramuan rempah unik yang ada di Gresik ini laris manis sebagai minuman kaya khasiat. Terkenal dengan jamu khas Gresik. Berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, dan menangkal penyakit.

Sinom terbuat dari temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, serta gula. Rasanya manis dan segar. Cocok dinikmati saat cuaca hujan melanda.

5. STMJ

Gresiksatu.com
Minuman penghangat tubuh STMJ (ig @brojans_warkopstory)

STMJ adalah singkatan dari Susu Telur Madu Jahe. Minuman ini sangat populer di daerah Jawa Timur. Rasanya manis dan creamy.

Minuman yang sering dijual di jalanan Kota Gresik tersebut paling enak diseruput dalam keadaan hangat. Minuman sejuta umat yang kaya manfaat. Kerap dijadikan sebagai minuman andalan setiap pagi hari. (ovi/aam)