A Little Africa in Java, Keindahan Eksotis Pantai Lempuyang Situbondo

GresikSatu | Pantai Lempuyang terletak di kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Pantai ini dikenal dengan keindahannya yang masih alami dan eksotis.

Sejarah Pantai Lempuyang tidak terlepas dari kawasan Taman Nasional Baluran yang dijuluki “Little Africa in Java” karena keanekaragaman hayati dan lanskap savana yang mirip dengan Afrika.

Rute dan Alamat Pantai Lempuyang

Untuk mencapai Pantai Lempuyang dari Kota Situbondo, kita bisa mengambil rute menuju Taman Nasional Baluran.

Dari pusat kota, perjalanan menuju Taman Nasional Baluran memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika berangkat dari Surabaya, perjalanan menuju Pantai Lempuyang akan memakan waktu sekitar 5-6 jam. Rute yang bisa diambil adalah Surabaya – Probolinggo – Situbondo – Taman Nasional Baluran.

Keunikan Pantai Lempuyang

Pantai Lempuyang memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Keindahan ini membuat pantai ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan bersantai di tepi laut.

Baca juga:  Menikmati Kemewahan Glamping di Jawa Timur, Pengalaman Liburan Camping Mewah

Dikelilingi oleh hutan mangrove dan vegetasi alami, Pantai Lempuyang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset yang memukau dari tepi pantai.

Aktivitas Wisata di Pantai Lempuyang

Keindahan bawah laut Pantai Lempuyang sangat mempesona. Kita bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat terumbu karang yang indah dan beragam biota laut.

Pantai Lempuyang juga merupakan tempat yang ideal untuk berkemah. Kita bisa mendirikan tenda di tepi pantai dan menikmati malam yang tenang di bawah langit berbintang.

Bagi yang suka petualangan, trekking di sekitar Pantai Lempuyang adalah pilihan yang tepat.

Kita bisa menjelajahi hutan mangrove dan savana yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran.

Baca juga:  Wisata Cantik, Kebun Bunga Refugia di Magetan

Fasilitas di Pantai Lempuyang

  • Tempat Parkir
  • Warung Makan dan Kios Suvenir

Tips Berkunjung ke Pantai Lempuyang

  • Bawa Perlengkapan Snorkeling: Untuk menikmati keindahan bawah laut, pastikan membawa perlengkapan snorkeling atau diving.
  • Kenakan Pakaian yang Nyaman: Karena cuaca di pantai bisa sangat panas, kenakan pakaian yang nyaman dan bawa topi serta kacamata hitam.
  • Jaga Kebersihan: Selalu jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Persiapkan Bekal: Meskipun ada warung makan, sebaiknya bawa bekal sendiri untuk mengantisipasi jika warung tidak buka.

Pantai Lempuyang adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang eksotis, beragam aktivitas menarik, dan fasilitas yang memadai.

Dengan keindahan pantai dan lingkungan yang terjaga, pantai Lempuyang menjadi tempat yang ideal untuk liburan.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler