Sabtu, Februari 4, 2023

Aksi Heroik Petugas Damkar Gresik Tolong Warga Evakuasi Ular Piton hingga Tawon

GresikSatu | Aksi heroik ditunjukan oleh Petugas Damkar Gresik. Kali ini, instansi berseragam biru itu kembali menyelamatkan warga dari hewan membahayakan. Mulai dari ular piton hingga sarang tawon.

Evakuasi ular piton seperti terjadi di Kelurahan Sukorame, Kecamatan Kebomas, Gresik. Ular piton sepanjang 3 meter itu berhasil memakan satu ekor ayam warga setempat. Petugas bahkan sempat kewalahan.

Beruntung petugas Damkar sudah dibekali dengan alat yang cukup dan keahliah khusus. Dengan cepat, petugas berhasil mengamankan. Terlihat ular piton yang diamankan perutnya membuncit karena habis makan satu ekor ayam.

Kepala Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik mengatakan, ular piton itu diketahui warga saat sang pemilik hendak memberi makan ayam. Tak tahunya, ayamnya hilang setelah disantap ular piton.

Baca juga:  Lupa Matikan Lilin Saat Pemadaman Listrik, Rumah di Cerme Hangus Terbakar

 

“Pemilik langsung hubungi Damkar, kita terjunkan beberapa personil. Selanjutnya, hewan liar ini akan diamankan dan diserahkan ke BKSDA,” ungkapnya, Sabtu (19/11/2022). 

Hal demikian penyelamatan sarang tawon di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Pemilik rumah Mukiyat saat bersih-bersih di lantai dua, melihat sarang tawon pada tumpukan, lalu menghubungi Damkar Gresik.

“Ada delapan personil dan satu mobil pick up panther mendatangi lokasi. Para petugas juga dilengkapi alat pelindung diri (APD) saat evakuasi sarang tawon,” jelasnya. 

Dengan demikian, jumlah penyelamatan di Damkar Gresik pada bulan November 11 kejadian. (faiz/aam)