Selasa, Januari 31, 2023

Bazar Rombong Berkah, Upaya Petrokimia Gresik Dukung Pemulihan Ekonomi Warga

GresikSatu | Banyak cara dilakukan PT Petrokimia Gresik dalam mendukung pemulihan ekonomi warga. Salah satunya dengan menggelar ‘bazar rombong berkah’ yang diikuti oleh warga ring satu.

Seperti terlihat di Jalan Akim Kayat, gang lebar, Kelurahan Sukorame, Gresik, sebanyak 32 rombong berkah dari UPZ Petrokimia Gresik berjejer. Mereka banyak menyajikan jajanan yang siap disantap.

Penjual dari bazar rombong berkah didominiasi ibu-ibu. Berbagai makanan dijual. Seperti Martabak Usus, Takoyaki, jajanan pasar, kemudian nasi pecel hingga sate. Rombong berkah berwarna hijau sering kali digunakan berjualan keliling membantu masyarakat UMKM.

Bazar Mitra Rombong Berkah UPZ Baznas Petrokimia Gresik rencananya akan digelar rutin di sejumlah kelurahan yang berada di ring 1 PT Petrokimia Gresik. Tak hanya menggelar event, Petrokimia juga menyedikan rombongan bagi warga. Harga rombongnya berkisar kurang lebih Rp 3 juta. 

Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, bazar rombong berkah sebagai upaya perusahaanya untuk mendukung pemulihan warga ring satu. Dukungan terhadap UMKM terus dilakukan karena mandat wajib dari Menteri BUMN Erick Thohir.

“Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu amanah yang diberikan Menteri BUMN Erick Tohir. Amanat lainnya di sektor pendidikan, dan pelestarian alam,” katanya, Kamis (1/12/2022).

Dijelaskan, membantu masyarakat malui UMKM, sebagai upaya perusahaan agar bisa memberikan trigger berusaha mandiri dengan bantuan rombong berkah. Pada bazar kali ini ada 32 rombong berkah berjualan makanan minuman sepeerti sate, bakso, pohong keju dan lain sebagainya.

“Secara total ada 251 rombong berkah yang sudah dibagikan. Pembagian rombong berkah akan terus dilakukan. Tidak berhenti disitu, kami mengajak seluruh stakeholder terkait membantu mengembangkan usaha para penerima rombong berkah,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perindag, Gresik Malahatul Fardah menambahkan, bantuan rombong dan digelarnya Bazar Mitra Rombong Berkah UPZ Baznas Petrokimia Gresik membantu program Nawa Karsa Gema Karya. 

“Binannya Petrokimia luar biasa, sektor UMKM berkembang saat pandemi kemarin hingga saat ini,” kata wanita yang akrab disapa Fardah ini. (aam)