Selasa, Januari 31, 2023

Berikut 5 Ekonomi Kreatif Khas Gresik, Produk Unggulan Penggerak Ekonomi Daerah

GresikSatu | Gresik memiliki potensi besar dalam membangun perekonomian melalui produk-produk unggulan. Menggerakkan sektor ekonomi hingga tembus pasar dunia sudah banyak dibuktikan dengan program ekonomi kreatif. Dimana kearifan lokal khas Gresik laris manis dipasar lokal hingga kancah negara.

Berikut 5 produk Ekonomi Kreatif Khas Gresik yang menjadi pelopor penggerak ekonomi daerah :

1. Songkok

Gresiksatu.com
Salah satu perajin songkok nusantra asli Gresik. (Foto : Aam/gresiksatu.com)

Peci, kopiah, atau songkok menjadi identitas masyarakat Kabupaten Gresik, sebagai sebutan kota santri. Kebutuhan penutup kepala ini sejalan dengan tingkat produksi di Gresik.

Daerah yang terkenal dengan produksi songkok tersebut tidak hanya menyerap pasar lokal saja, namun melebarkan sayap hingga kancah internasional. Ditambah dengan aksen lukisan karakter dan lampu menyala sebagai inovasi songkok Gresik an.

2. Sarung Tenun

Gresiksatu.com
Perajin sarung di Desa Wedani, Kecamatan Cerme (Foto :Aam Alamsyah/Gresiksatu.com)

Sarung Tenun adalah kain tradisional yang dibuat dengan menggunakan alat penenun dari kayu dan benang yang dipintal. Setiap kabupaten memiliki motif khas yang menjadi ciri utama miliknya.

Baca juga:  Mengenal Udeng Khas Gresik, Kearifan Lokal Berbudaya Kekinian

Di Gresik terdapat sentra kain tenun yang sudah menembus pasar global. Bertempat di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Sarung tenun Gresik komoditi unggulan dari program Desa Devisa sebagai kearifan lokal dengan memiliki potensi ekspor standar nasional.

3. Batik Gresik

Siswa SMA Dukun Gresik saat menggelar karya project base dengan membatik khas Gresik, Kamis (24/2/2022)./ Foto: TBK
Siswa SMA Dukun Gresik saat menggelar karya project base dengan membatik khas Gresik, Kamis (24/2/2022)./ Foto: TBK

Batik merupakan kearifan lokal yang mencerminkan suatu daerah. Nilai filosofi terkandung dalam motif-motif batik yang estetik. Baik makna eksplisit maupun implisit.

Seni membatik sudah ada jauh sebelum perindustrian ada di Kabupaten Gresik. Keberagaman motif Batik Gresik diantaranya : motif damar kurung, motif rusa bawean, motif bandeng, dan motif ndulit. Desain motif tersebut mengandung pesan yang dinamis, namun tajam.

Dalam melestarikan batik di Gresik, sejumlah instansi juga mewajibkan karyawannya untuk mengenakan batik sekali dalam sepekan. Menjadi bukti cinta terhadap kekayaan negeri.

4. Rotan

Gresiksatu.com
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat melihat kerajiann rotan di Menganti (Foto : Aam/gresiksatu.com

Rotan dapat disulap menjadi kerajinan indah dan bermanfaat. Dapat didesain menjadi dompet, tas, keranjang, meja, dan kursi. Bahan yang mudah ditemukan dapat diolah menjadi pernak-pernik kaya manfaat.

Baca juga:  Omset Kerajinan Rotan di Menganti Gresik Melonjak, Pelaku UMKM Kebanjiran Pembeli

Kerajinan rotan asal Gresik telah sukses tembus pasar ekspor. Negara tetangga, yakni jepang terpincut kualitas produk Desa Domas, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Keindahan alat rumah tangga berbahan rotan tampil memukau, menaikkan kelasnya.

5. Udeng Gresikan

Gresiksatu.com
Penampakan udeng khas Gresik sebagai eksplorasi budaya kekinian (Foto : Chofifah/gresiksatu.com)

Udeng atau biasa disebut ikat kepala adalah salah satu kerajinan khas yang ada di Kabupaten Gresik. Kearifan lokal tersebut memiliki karakteristik unik yang berbeda dengan kota lain.

Perbedaan tersebut berada pada bentuk dan batik yang dipakai. Bentuk udeng seperti imamah khas surban diatas kepala orang arab. Dan batik yang dipakai bermotif khas Gresik.

Secara filosofis makna udeng dilihat dari bentuknya yakni lidah keatas (antena) seperti layar perahu berarti hablumminallah. Dan lidah kebawah (menjulur kebelakang) seperti layar perahu yang melambai berarti hablumminannas. (ovi/aam)