BPPKAD Gresik Anugerahkan Penghargaan untuk Pengelolaan Aset Daerah Terbaik

GresikSatu | Badan Pengelola Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik memberikan penghargaan kepada unit-unit kerja yang menunjukkan kinerja terbaik dalam mengelola aset milik pemerintah daerah pada acara Asset Award 2024.

Acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap perangkat daerah yang bekerja secara profesional dan terampil dalam meningkatkan pengelolaan aset daerah secara optimal.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, mengungkapkan pentingnya inventarisasi dan perawatan aset pemerintah daerah yang sangat banyak jumlahnya.

“Kita ketahui bersama bahwa aset pemerintah daerah itu sangat banyak, ini menjadi tugas kita bersama dalam menginventarisir dan merawat aset-aset tersebut,” ujarnya pada Kamis (27/6/2024).

Ia juga mendorong BPPKAD untuk terus meningkatkan pemanfaatan aset strategis setiap tahun, tentunya tanpa melanggar aturan yang berlaku.

Baca juga:  Penjelaskan Manajemen PT KAS Penyebab Kebakaran Pabrik Mie Sedap Gresik

Sementara itu, Kepala BPPKAD Kabupaten Gresik, Andhy Hendro Wijaya, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Asset Award adalah untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan aset daerah.

Pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak sembilan kali berturut-turut merupakan hasil dari upaya tertib administrasi yang sudah dilakukan oleh jajaran perangkat daerah.

“Capaian WTP kita tuntas 9 kali berturut-turut, hal ini tidak lepas dari upaya tertib administrasi yang sudah dilakukan jajaran perangkat daerah,” tandasnya.

Beberapa perangkat daerah yang berhasil menerima penghargaan dalam berbagai kategori, antara lain:

  • Dinas Pertanian: Terbaik kategori tertib penggunaan dan pemeliharaan barang milik daerah
  • Dinas Pendidikan: Terbaik kategori tertib administrasi penghapusan dan pemindahtanganan
  • Kecamatan Duduksampeyan: Terbaik kategori tertib pencatatan dan pelaporan barang milik daerah
  • UPT SMPN 29 Gresik: Terbaik kategori pengelolaan aset SMPN
  • BLUD Puskesmas Kesambenkulon: Terbaik kategori pengelolaan aset BLUD Puskesmas
  • Alyah Kusumaningtiyas dari Dinas Kesehatan: Pengurus barang terfavorit
Baca juga:  Pelantikan Kades, Gus Yani : Siap Siap Diganggu 24 Jam Untuk Kemajuan Desa

Dengan penghargaan ini, diharapkan perangkat daerah di Kabupaten Gresik semakin termotivasi untuk mengelola aset daerah secara lebih transparan, akuntabel, dan optimal, sehingga kemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat serta memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler