Cerita Indra Permana Warga Cerme Gresik yang Sukses Kembangkan Usaha Konveksi

GresikSatu | Indra Permana, seorang pria berusia 34 tahun asal Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, berhasil mengembangkan usaha konveksi kaos custom Eight Apparel.

Keberhasilannya tidak hanya membawa dampak positif bagi dirinya sendiri, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan penghasilan.

Indra memulai bisnis konveksi ini pada tahun 2012 dengan modal yang terbatas dan persaingan pasar yang ketat.

Pesanan pertamanya adalah 13 kaos olahraga untuk siswa PAUD dengan keuntungan yang hanya cukup untuk membeli nasi bebek.

Namun, melalui kerja keras dan dedikasi, Indra berhasil mengembangkan usahanya hingga mampu merekrut 18 karyawan dari lingkungan sekitar dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca juga:  Kisah Riya Penyandang Tuna Netra Asal Gresik yang Raih Prestasi Emas di MTQ Jatim

“Semua ini berkat kerja keras dan komitmen tim, serta dukungan dari keluarga,” ujar Indra Permana, Senin (8/7/2024).

Saat ini, Eight Apparel usaha konveksi nya mampu memproduksi 200 pasang kaos berbagai jenis per hari, dengan manajemen yang profesional mulai dari tim desain, produksi, hingga pemasaran.

Indra sendiri tidak hanya fokus pada produksi kaos untuk komunitas penghobi seperti klub motor, anak band, dan organisasi kepemudaan. Tetapi juga merambah pasar olahraga, khususnya sepakbola.

Salah satu pencapaian yang membanggakan adalah saat Eight Apparel mendapat tawaran untuk mensponsori tim sepakbola profesional Putra Samarinda yang berlaga di Liga 3 Indonesia tahun 2022.

“Kuncinya adalah komunikasi dan manajemen yang baik, sehingga kerja tim semakin terpacu,” jelas Indra.

Baca juga:  Kisah Kaji Dimas, Pengusaha Gresik yang Hidupkan Atmosfer Fun Football

Keberhasilan ini menjadi pijakan awal bahwa produk lokal Gresik bisa bersaing di tingkat nasional. Indra juga bermimpi agar logo brand Eight Apparel bisa dikenal hingga kancah internasional.

Dengan dedikasi dan semangat pantang menyerah, Indra Permana telah membuktikan bahwa usaha kecil yang dimulai dari nol bisa berkembang menjadi bisnis yang sukses dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler