Cerita Lima Nelayan Selamat dari Insiden Perahu Tenggelam di Perairan Gresik

GresikSatu | Sebuah kapal nelayan terbalik dan tenggelam di perairan Karangjamuang, Ujungpangkah, Gresik. Beruntung tidak ada korban jiwa, dan perahu yang membawa lima nelayan dari Kecamatan Ujungpangkah selamat.

Penyelamatan itu, dilakukan oleh KSOP Gresik, beserta petugas gabungan. Dengan menerjunkan tiga kapal untuk mengevakuasi pada korban nelayan.

Perwira Jaga Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik Gresik, Kholis Anhari, mengatakan laporan tenggelam kapal nelayan asal Ujungpangkah, terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (28/5/2024) kemarin.

Kapal tiba-tiba terbalik, saat para nelayan melaut menebar jaring di Perairan Karang Jamuang,” ungkapnya.

Menurut dia, saat kejadian para nelayan ditemukan mengapung di laut dengan bantuan ember. Para nelayan, kemudian diselamatkan oleh petugas yang menaiki kapal pandu pelabuhan.

Baca juga:  Wujud Kebahagiaan di Penghujung Bulan Ramadan, KSOP Gresik Bagikan Takjil Kepada Penumpang Kapal

“Diselamatkan kapal pandu dan dibawa ke daratan Karang Jamuang. Setelah itu, kapal gabungan KSOP Gresik langsung menjemput dan evakuasi para nelayan,” jelasnya.

Menurut dia, proses evakuasi nelayan di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) berlangsung efektif, oleh anggota KNP 365 dan KNP 50015 Kantor KSOP Gresik bersama KN SAR WIDURA.

“Para nelayan jatuh ke laut tepatnya di area Bouy 2 APBS. Proses penyelamatan berlangsung dengan sukses, aman dan selamat. Dalam evakuasi tersebut menegaskan bahwa pentingnya kerja sama dan koordinasi dalam situasi darurat di laut,” tuturnya.

Kasatpolairud Polres Gresik AKP Winardi, menambahkan lima nelayan yang tenggelam selamat. Hanya perahunya tenggelam.

“Faktor tenggelam karena jaring kena bulatan baling-baling perahu, dan putus hingga akhirnya perahu terseret dan terbalik,”ungkapnya.

Baca juga:  Turunkan Pemain Lapis, Grestara FC Menang Tipis Kontra Persesa Sampang

Lalu, tambah Winardi, lima nelayan yang menaiki perahu langsung melompat ke laut.

“Lima nelayan mengapung di laut sekitar 1 jaman, dan alhamdulillah sudah di evakuasi ke daratan Satpolairud Polres Gresik. Ini masih kami lakukan pendataan dan keterangan kepada lima nelayan tersebut,” tambahnya memungkasi.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler