Minggu, Januari 29, 2023

Cerita Sharim, Pelajar Asal Gresik Terpilih Jadi Parlemen Remaja DPR RI

GresikSatu | Prestasi membanggakan diraih oleh Sharim Dezhneva Denalis (17), pelajar asal Kabupaten Gresik. Ia terpilih menjadi anggota Parlemen Remaja, atau Parja 2022 Dapil X Jawa Timur. Siswa SMAN 1 Gresik itu bahkan sempat meraskaan menjadi anggota DPR RI dan menggelar rapat di Senayan Jakarta.

Bersama ratusan anggota Praja 2022, Sharim begitu ia kerap dipanggil, merasakan simulasi menjadi anggota DPR RI selama enam hari, mulai 10 hingga 15 Oktober 2022. Di sana, membagikan pengalaman mengikuti simulasi sidang di ruang paripurna nusantara.

“Ini pengalaman yang sangat berharga bagi saya karena siswa yang ikut berasal dari seluruh Indonesia,” katanya, Minggu (16/10/2022).

Bagi Sharim menjadi anggota Praja adalah kebanggan tersendiri. Selain mendapatkan pengalaman, dirinya juga merasakan menjadi Anggota DPR RI. Ditambah, selama mengikuti Praja juga banyak diberi materi edukasi mengenai mekanismpe perpolitikan di Indonesia.

Baca juga:  Masih Berkarya di Usia 62 Tahun, Ini Kisah Ahmad Amaluddin Pengrajin Daur Ulang Koran Bekas 

“Banyak ilmu sih, gimana pengambilan keputusan ketika di sidang. Apalagi ini ruang edikusi bagaimana generasi pemuda tidak acuh terhadap perkembangan bangsa,” jelasnya.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga ” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”date”]

Diketahui, untuk menjadi anggota Praja, harus dilalui Sharim dengan rangakain proses yang ketat. Ia harus mengikuti beberapa tes wajib untuk sebagai syarat lolos. Karena keterampilannya, siswa kelas XI IPS unggulan SMAN 1 Gresik itu akhirnya berhasil terjaring.

Ia masuk menjadi anggota Praja, dari 130 siswa yang disesuaikan dengan dapil DPR RI yang tersebar di tanah air. Proses rekrutmennya sangat ketat. Setiap siswa yang ikut diwajibkan mengangkat kesan esai dengan tema ‘Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku’.

Baca juga:  Mengenal Irfan Akbar Prawiro Sang Sutradara Film Pendek Gresik 

“Materi itu disampaikan melalui publik speaking lewat video dengan kreativitas kemampuan masing-masing siswa,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Gresik H Moh Syafa’ul Anam turut, bangga dengan prestasi yang dilakukan oleh siswanya. Ini karena Sharim satu dari 130 siswa anggota parlemen remaja terpilih mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

“Ini tentunya prestasi yang membanggakan bagi kami. Siswa kami Sharim terpilih setelah mengikuti seleksi bersama ribuan pendaftar yang berminat untuk menjadi parlemen remaja 2022,” bebernya. (aam)