Minggu, Januari 29, 2023

DPRD Mewanti-wanti Diskominfo Gresik Gencar Sosialisasi, Sebelum TV Analog Dimatikan 

GresikSatu | Rencana TV analog yang dimatikan secara bertahap dilakukan wilayah Indonesia. Tak Terkecuali di Kabupaten Gresik. Di Kota Pudak ini kepastian TV analog dimatikan masih belum jelas.

Namun, sebagai bentuk persiapan dari peralihan TV analog ke TV digital, masyarakat harus menerima sosialisasi untuk persiapan hal tersebut. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Gresik Muchamad Zaifudin, bahwa pemerintah dalam hal ini Diskominfo Gresik harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Tentang dimatikaan TV analog beralih ke TV digital. 

“Diskominfo harus sering sosialisasi kepada masyarakat, tentang TV digital seperti apa, keunggulannya bagaimana, dan kenapa harus berganti ke TV digital, Itu masyarakat harus tahu,” ucapnya, Minggu (11/12/2022). 

Baca juga:  Pemerintah Bagikan Bantuan 25 Ribu STB untuk Warga Miskin Gresik

Selain itu, jika nantinya bagi masyarakat yang mempunyai TV analog harus dibekali Set Top Box (STB), Pemerintah sudah melalukan pembagian STB kepada warga yang kurang mampu. 

“Pembagiannya harus tepat sasaran, jangan sampai penerima bantuan tersebut orang yang meninggal,” tandas kader Prabowo Subianto. 

Selain itu, Pihaknya juga meminta Pemerintah Daerah juga perlu hadir untuk bantuan STB ini. Kendati harus menunggu petunjuk dari Kementerian Kominfo.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Gresik Ninik Asrukin mengatakan, informasi TV analog di Kabupaten Gresik akan dimatikan belum jelas kepastiannya. Karena TV analog yang dimatikan dilakukan bertahap oleh Kemeninfo Pusat. 

“Informasi TV analog mati belum tau pasti, namun sperti di wilayah Jabotabek kemarin, ada kemunduran dari berita yang tersebar,” ucapnya.

Baca juga:  Simak Daftar Kecamatan di Gresik yang Mendapatkan Bantuan STB Gratis dari Pemerintah

Untuk itu, menurut dia Kemeninfo Pusat juga biasanya memberikan batas toleransi kepada masyarakat, yang menggunakan TV analog, agar segera menggunakan STB atau beralih ke TV digital. 

“Makanya, ada pembagian STB gratis ke warga. Untuk Kabupaten Gresik pembagian STB saat ini, sudah mencapai 96 persen masyarakat Gresik yang menerima bantuan tersebut,” jelasnya. 

“Bantuan itu langsung diakomodir Diskominfo Pusat melaui vendor, yang dibagi ke kecamatan, maupun desa. Kominfo Gresik hanya sebatas monitor saja,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)