Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, Ketua TP PKK Gresik Anugerahkan Nawakarsa Award 2024

GresikSatu | Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik menganugerahkan sejumlah penghargaan Nawakarsa Award 2024 kepada kader pelaksana terbaik. Acara berlangsung di Wahana Ekspressi Poesponegoro pada Rabu (5/6/2024).

Dengan tema “Bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju keluarga maju”, peringatan tahun ini menekankan pentingnya sinergi kader PKK dalam mengembangkan program-program guna menciptakan keluarga yang beriman dan bertakwa. Ratusan kader PKK dari seluruh Kabupaten Gresik turut serta dalam acara ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, memberikan delapan kategori penghargaan kepada kader-kader terbaik di tingkat desa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK se-Indonesia atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di tengah masyarakat. Penghargaan ini adalah buah dari pengabdian mereka,” ujar Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani.

Nurul menjelaskan bahwa 10 program pokok PKK merupakan motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin sinergitas dengan stakeholder, baik unsur pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah sesuai perundang-undangan.

Baca juga:  Antusiasme Tinggi Warga Gresik Saat Nobar Timnas U23 Bareng Gus Yani

Ia juga menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, optimalisasi potensi gerakan masyarakat untuk mempercepat pembangunan, dan pencapaian target PKK dalam rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024.

“Kader PKK berperan aktif dalam berbagai kegiatan seperti penanganan stunting, pembentukan rumah pangan, pembinaan industri rumahan, serta pelaksanaan program Keluarga Indonesia Sejahtera dan harmonis (Kisah) dan Keluarga Indonesia Sehat Tanpa Narkoba (Krisan),” tambahnya.

Sementara itu Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, memberikan apresiasi tinggi atas dedikasi TP PKK Gresik. Kader PKK telah berdedikasi tinggi untuk pembangunan Gresik yang semakin maju.

“Mereka telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam menjawab segala problem masyarakat, seperti penurunan angka stunting dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Jayalah PKK di umur ke-52 tahun,” kata Bupati yang akrab disapa Gus Yani ini.

Baca juga:  Gigi Persneling Tak Berfungsi, Alat Berat  Tabrak Warung Kikil di Menganti Gresik

Bupati muda yang akrab disapa Gus Yani tersebut juga berjanji akan memberikah hadiah sepeda bagi para kader PKK yang telah mengabdikan dirinya berpuluh tahun.

“Tadi ada 3 kader yang mengabdikan dirinya selama 30 tahun saya kasih hadiah sepeda satu-satu,” ujarnya.

Berikut adalah daftar peraih Nawakarsa Award TP PKK Gresik Tahun 2024:

  • Gresik Barokah: Desa Klangonan, Kecamatan Kebomas
  • Gresik Mapan : Desa Dampaan, Kecamatan Cerme
  • Gresik Agropolitan: Desa Kedunganom, Kecamatan Wringinanom
  • Gresik Gema Karya: Desa Banjar Agung, Kecamatan Balongpanggang
  • Gresik Cerdas: Desa Masangan, Kecamatan Bungah
  • Gresik Sehati: Desa Dalegan, Kecamatan Panceng

Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK:

  • Juara 3: Desa Pongangan, Kecamatan Manyar
  • Juara 2: Desa Petikan, Kecamatan Driyorejo
  • Juara 1: Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujung Pangkah

Pengurus Tim Penggerak PKK dengan Pengabdian Terlama (25 tahun ke atas) 

  • Fulaikah, PKK Desa Pangkahwetan
  • Nur Hasanah, PKK Desa Pongangan
  • Wiwid Sulistina, PKK Desa Dalegan
Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler