Haul Habib Abu Bakar Gresik Bakal Dihadiri Ratusan Ribu Orang  

GresikSatu | Sejumlah tokoh Habaib akan menghadiri Haul Al Qutb Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Bin Umar Assegaf Gresik.

Diprediksi, puluhan hingga ratusan ribu jamaah akan hadir pada puncak Haul di Makam Habib Abu Bakar Assegaf di Masjid Jami’ pada Senin (24/6/2024).

Ketua Panitia Haul, Habib Ali Abu Bakar Assegaf, mengatakan setiap gelaran Haul pihak panitia tidak ada undangan resmi ke beberapa tokoh maupun masyarakat. Namun, pihak panitia hanya memberikan pamflet informasi.

“Hanya pamflet informasi saja setiap Haul. Setiap tahunnya para jamaah yang hadir tambah banyak. Perkiraan 100 ribu jamaah yang akan hadir,” ucapnya, Sabtu (22/6/2024).

Hal demikian dengan tokoh yang hadir, pihak panitia juga tidak menyediakan undangan khusus. Namun, sejumlah tokoh yang hadir memang seperti tahun-tahun sebelumnya. Ada pejabat negara, hingga Habaib.

Diantara Habib yang akan hadir. Yakni Habib Jindan bin Novel, da’i, ulama, dan pimpinan Yayasan Al Fachriyah, Tangerang, Banten. Beliau adalah cucu dari Habib Salim bin Ahmad bin Jindan, seorang pejuang dakwah di Betawi pada tahun 1906-1969 yang berjuluk “Singa Podium”.

Baca juga:  Haul Wali Qutub Habib Abu Bakar Assegaf Gresik, Berikut Jadwal dan Rangkaian Acara

kemudian, Habib Taufiq bin Abdul Qadir bin Husein Assegaf, Ketua Umum Rabithah Alawiyah, dan pendiri Pesantren Suniyyah Salafiyah Pasuruan, juga dijadalkan hadir dalam majelis haul.

lalu, Al-Habib Syech bin Abdul Qodir As-Segaf atau sering disapa Habib Syech. Habib Syech merupakan pembawa lagu religi bertemakan salawat bersama grup musik Ahbaabul Musthofa. Ia juga menjabat sebagai A’wan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama’ pada masa khidmat 2022-2027.

Dr KH Habib Segaf Baharun, MHI. Beliau putra kedua Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun, Pendiri Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah (Dalwa) Bangil, Pasuruan Jawa Timur.

Pengasuh Ponpes Dalwa, Habib Ali Zainal Abidin (Habib Zein) bin Hasan Baharun. Serta para tamu undangan lainnya. Termasuk jajaran Forkopimda Gresik.

Baca juga:  Tolak Penangguhan Tahanan Kiai Cabul, Warga Bawean Kirim Surat ke Kapolres Gresik

Diketahui, kegiatan tahunan yang dihadiri para jamaah dari berbagai daerah hingga mancanegara ini, berlangsung selama dua hari.

Acara  pertama pada hari Ahad 23 Juni 2024, Acara Rauha dan Khotmil Ihya Ulumiddin, waktu pukul 16.00 WIB, tempatnya di Kediaman Al Qutb Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Bin Umar Assegaf, Jalan KH Zubair 93 Gresik. Pada malamnya, di tempat yang sama acara Hadrah pukul 21.00 WIB.

Pada acara Kedua Senin, 24 Juni 2024 acara pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW, pukul 05.00 WIB, selepas waktu Shubuh di Kediaman Al Habib Syekh Bin Abu Bakar Assegaf Jalan KH Zubair 52 Gresik.

Lalu pada puncak Haul pukul 09.00 WIB, bertempat di Masjid Jami’ Alun-alun Gresik.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler