Selasa, Januari 31, 2023

Ini Kronologis Kuli Bongkar Muat Meninggal di Kapal Pelabuhan JIIPE Gresik

GresikSatu I Kejadian nahas dialami oleh Abdur Rosyad asal Desa Sidokumpul, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik menjadi korban kecelakaan kerja tertimpa besi jenis H Beam di Kapal asing saat berlabuh di Pelabuhan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Besi jenis H Beam yakni balok besi baja yang memiliki bentuk H yang lebar dan biasanya digunakan dalam konstruksi bangunan, jembatan, dan lain sebagainya.

Kasatreskrim Polres Gresik Iptu Wahyu Rizki Saputro menjelaskan kejadian kecelakaan itu terjadi senin petang sekutar pukul 16.30 WIB, Senin (8/8/2022), seorang kuli bongkar muat bernama Abdur Rosyad berusia 41 tahun itu, sedang melakukan aktivitas bongkar muat seperti biasanya di Kapal.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Berita Terkait” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”cat” orderby=”date”]

Baca juga:  Truk Kontainer Rem Blong, Tabrak Mobil Ertiga di Simpang Tiga Bungah, Satu Orang Tewas

Setelah kapal bendera asing itu sandar di Pelabuhan JIIPE Gresik, korban pun mulai melakukan aktivitas bongkar muat. Saat itulah, korban tertimpa besi jenis H Beam yang akan dipindahkan ke dermaga.

“Korban melakukan bongkar muat memindahkan besi dari atas kapal ke dermaga, saat itu kapal diterjang ombak lautan hingga mengakibatkan kapal terombang ambing,” ungkap Wahyu.

Saat kapal terkena gelombang ombak itu lanjut Wahyu, salah satu besi jenis H Beam terjatuh dan kemudian menimpa tubuh korban hingga meninggal seketika di tempat.

“Korban bekerja sebagai tenaga kerja bongkar muat, koran tertimpa besi H Beam akibatnya langsung meninggal di lokasi ” jelasnya, Selasa (9/8/2022).

Kemudian Jasad korban langsung dievakuasi ke RSUD Ibnu Sina Gresik malam itu juga. Untuk kasus ini, sudah dilakukan penyelidikan oleh anggota reskrim Polres.

Baca juga:  Sudiyono Korban Laka di Simpang Tiga Bungah Dikenal Sebagai Guru Tampan

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan, karena siang ini baru kami tarik kasusnya dari Polsek, mohon waktu,” tambah Wahyu. (Faiz/Tov)