Inilah Pilihan Penginapan Murah dan Gratis bagi Jamaah Haul Abu Bakar Assegaf di Gresik

GresikSatu | Antusiasme umat Muslim untuk menghadiri Haul ke-69 Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf di Gresik semakin meningkat.

Acara ini diadakan mulai Minggu, 23 Juni 2024, hingga puncaknya pada Senin, 24 Juni 2024. Dengan banyaknya jamaah yang datang dari berbagai daerah, kebutuhan akan tempat menginap pun semakin tinggi.

Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang bisa menjadi alternatif, dari yang paling murah hingga gratis.

  • Rumah Warga: Solusi Penginapan Murah

Rumah-rumah warga di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, menjadi salah satu pilihan utama bagi jamaah yang mencari penginapan murah.

Ketua RT 3, Ida Nur Santi, mengatakan ada beberapa rumah yang disiapkan untuk ditempati jamaah. Biayanya juga terjangkau dengan biaya antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang per malam. Fasilitas yang disediakan meliputi tikar, bantal, air mineral, kipas angin, dan magic com.

Baca juga:  Profil Habib Abu Bakar Assegaf Gresik Pimpinan Para Wali

“Kami tidak berani mematok harga tinggi karena kebanyakan jamaah berasal dari kalangan menengah ke bawah, meski terkadang ada juga Habaib yang menginap di rumah warga,” ujar Nur Santi

  • Hotel Horison GKB Gresik: Pilihan Nyaman namun Terbatas

Bagi jamaah yang mencari kenyamanan lebih, Hotel Horison GKB Gresik bisa menjadi pilihan. Namun, menurut Sonny Satria, Sales Marketing Manager hotel tersebut, seluruh 101 kamar yang tersedia sudah dipesan sejak dua bulan lalu.

“Okupansi kami meningkat besar dengan agenda Haul Habib Abu Bakar. Sebanyak 101 kamar yang kami sediakan bahkan sudah penuh dan dibooking sejak 2 bulan lalu,” ungkap Sonny.

  • Penginapan Gratis: Gedung WEP dan Pudak Galeri

Bagi jamaah yang tidak mampu membayar biaya penginapan, panitia menyediakan tempat menginap gratis di Gedung Wahana Ekspressi Poesponegori (WEP) dan Pudak Galeri.

Baca juga:  Jadwal SIM Keliling Gresik September Minggu Pertama

Staf Pemdes Gapurosukolilo Gresik, Salim Ali Yahya, menjelaskan bahwa kedua lokasi ini disediakan secara cuma-cuma untuk jamaah yang membutuhkan tempat berteduh.

“Untuk jamaah yang memang tidak memiliki tempat berteduh, bisa memanfaatkan WEP dan Pudak Galeri, gratis tanpa biaya sepeserpun,” ujar Salim.

Dengan berbagai pilihan penginapan yang tersedia, diharapkan jamaah Haul Habib Abu Bakar Assegaf bisa menemukan tempat istirahat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Bagi yang belum mendapatkan tempat menginap, disarankan untuk segera mencari informasi lebih lanjut agar bisa mengikuti rangkaian acara dengan nyaman.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler