Khusus Tahun Ini, Seluruh Peserta PPDB SMPN Gresik 2024 Bakal Jalani Tes Psikologi 

GresikSatu | Seluruh peserta PPDB 2024 jenjang SMP Negeri di Kabupaten Gresik akan menjalani tes psikologi. Tes psikologi menjadi salah satu tahapan yang akan dijalani para peserta didik baru di tahun ini.

Tes Psikologi bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa sebagai upaya deteksi dini jika siswa memiliki gangguan yang berkaitan dengan psikologi.

Selain itu, kegiatan ini menjadi upaya pencegahan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik untuk mencegah terjadinya tiga dosa besar pendidikan yakni kasus intoleran, bullying, dan kekerasan seksual.

Ketua Panitia PPDB Dispendik Gresik Herawan Eka Kusuma menyampaikan bahwa tahun ini semua sekolah menerapkan tes psikologi. Sebab, hal itu menjadi salah satu cara untuk mendeteksi anak-anak yang memiliki gangguan secara psikologis.

Baca juga:  Fakta-fakta Penyiksaan Anak Yatim di Gresik yang Dilakukan Kakak Tirinya

“Bullying itu muncul ketika sekolah saat pembukaan jalur zonasi tidak memberlakukan atau memetakan siswa secara psikologi. Sehingga kita tidak tahu mana saja siswa yang memiliki kecenderungan psikologi. Jika ada pemetaan di awal, kita bisa menghindari hal-hal yang nantinya berdampak buruk, tujuannya ya untuk mencegah bullying tadi,” ungkapnya, Rabu (12/6/2024).

Pria yang akrab disapa Herawan itu menyebutkan beberapa sekolah yang telah melakukan tes tersebut sebelum PPDB 2024. Yakni hanya ada 4 SMP Negeri yang tersebar di Kabupaten Gresik.

“Yang sudah menerapkan yakni SMPN 1 Gresik, SMPN 3 Gresik, SMPN 20 Gresik, dan SMPN 16 Gresik,” tuturnya.

Herawan menjelaskan, setelah pemetaan psikologi para siswa yang memiliki kecenderungan menjadi pelaku bullying nantinya akan dipisahkan dan mendapat pengarahan khusus.

Baca juga:  Sopir Diduga Mabuk, Truk Muatan Tekstil Tabrak Empat Rumah di Driyorejo Gresik

“Yang jadi problem mungkin jarak sekolahnya atau misalnya ada 9-10 rombel lah itu kita pisah dan kita berikan pendampingan psikologis. Kalau dia masuk kategori berat maka kita berikan pendampingan khusus diluar gpk, kalau biasa ya tidak,” jelasnya.

Jadwal PPDB online SMP Negeri Gresik untuk jalur prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua akan dibuka mulai tanggal 19-22 Juni 2024. Sementara pendaftaran jalur zonasi dibuka mulai tanggal 25-28 Juni 2024.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler