KPU Gresik Mulai Sosialisasikan Pembentukan PPK dan PPS 

GresikSatu | Dalam menyambut tahun politik 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mulai mensosialisasikan pembentukan Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di salah satu hotel Gresik, Jum’at (04/11/2022).

Setidaknya, dibutuhkan ribuan relawan untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi. Dengan perincian, lima petugas PPK di masing-masing sebanyak 18 kecamatan di wilayah Kota Santri, dan tiga PPS yang akan bertugas di masing-masing desa dan kelurahan.

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengatakan, selain relawan ad hoc juga ada beberapa relawan perangkat penyelenggara lainnya. Untuk mensukseskan acara ini, pohaknya setidaknya membutuhkan sebanyak 35 ribu relawan.

Untuk mekanismenya, pihaknya masih menunggu Peraturan KPU (P-KPU) dari Pusat. Termasuk untuk menentukan jumlah pasti relawan. 

Baca juga:  Kebocoran Tabung Gas LPG di Gresik: Dua Orang Alami Luka Bakar

“Karena akan disesuaikan dengan jumlah pemilih, jumlah tempat pemungutan suara (TPS), dan kebutuhan lainnya, katanya,Jum’at (04/11 /2022).

Sementara itu, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPUD Gresik Makmun mengatakan, proses rekruitmen PPK dan PPS akan menggunakan aplikasi baru milik KPU dengan sistem teknologi informasi berbasis web. Yakni, Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).   

“Sesuai semangat Pemerintah untuk memaksimalkam informasi berbasis elektronik,” ucapnya. 

Selain itu, pelaksanaan Pemilu 2024 nanti akan memfasilitasi jaminan kecelakaan kerja. Bagi seluruh anggota badan adhoc KPU selama masa tugas. Keputusan tersebut berdasarkan evaluasi dari gelaran Pilkada 2019 lalu.

“Tentunya untuk memaksimalkan kinerja agar pemilu berjalan lancar dan berkualitas,” jelasnya. 

Baca juga:  Panwascam Manyar Deklarasi Pemilu Damai, Ciptakan Pemilu Aman dan Kondusif di Gresik

Diketahui, jadwal pembentukan badan adhoc KPU Gresik sebagaimana berikut, 

Pendaftaran PPK : 16 November – 1 Desember 2022. Seleksi Administrasi : 2-8 Desember 2022. Seleksi Tertulis : 11-15 Desember 2022. Seleksi Wawancara : 19-30 Desember 2022

Pendaftaran PPS : 29 November – 14 Desember 2022. Seleksi Administrasi : 15-21 Desember 2022. Seleksi Tertulis : 24-28 Desember 2022. Seleksi Wawancara : 1-13 Januari 2023. (faiz/aam)

Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler