Minggu, Januari 29, 2023

KPU Gresik Tetapkan Hasil Akhir Seleksi PPS, 1.068 Peserta Tunggu Pelantikan

GresikSatu | Sebanyak 1.068 pendaftar Panitia Pemungutan Suara (PPS) berhasil lolos tahap seleksi wawancara. Para anggota PPS akan bertugas melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat Kelurahan atau Desa.

Keputusan itu tertuang dalam surat KPU Gresik nomor 102/PP.04.1-Pu/3525/2023. KPU Gresik juga menyiapkan 876 nama calon Pengganti Antarwaktu sebagai antisipasi PPS terpilih.

Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Makmun mengungkapkan, anggota yang mendapat kursi PPS akan berperan besar dalam menjung pemilu demokratis.

“KPU membutuhkan 3 personil dalam membantu melaksanakan pemilu di tingkat Desa atau Kelurahan. PPS menjadi ujung tombak suksesnya Pemilu 2024, karena merekalah yang langsung bersentukan dengan para pemilih,” tuturnya, Minggu (22/1/2023).

Baca juga:  KPU Gresik Ajak Generasi Z Terlibat Aktif Sukseskan Pemilu 2024

Menurut Makmun, anggota PPS diwajibkan memiliki nilai-nilai integritas, profesionalitas, dan netralitas. Karena untuk menyukseskan pemilu, dibutuhkan 3 bahan tersebut.

“Kepada anggota PPS terpilih, semoga tidak melupakan komitmennya, menjaga kejujuran, transparansi, akuntabilitas, cermat dan akurat dalam mengawasi dan melaksanakan tugas,” pungkasnya.

Sebagai informasi para anggota PPS terpilih akan dilantik di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, pada Selasa, 24 Januari 2023. Sedangkan untuk warga Bawean Gresik, dilakukan terpisah di Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Gresik. (ovi/aam)