Masjid KH Robbach Ma’sum Gresik Akan Gelar Shalat Ied Idul Adha Perdana

GresikSatu | Menjelang Idul Adha, Masjid KH Robbach Ma’sum akan menggelar salat ied perdana. Pasalnya sejak masjid diresmikan, beberapa warga sekitar antusias beribadah di masjid tersebut.

Selain digelar Sholat Ied Idul Adha, Masjid KH Robbach Ma’sum yang berada di jalan Raya Kedungpring, Balongpanggang, Gresik, juga menggelar penyembelihan hewan kurban seperti masjid pada umumnya.

Ketua Organ Pengelola Masjid KH Robbach Ma’sum, H Mulyanto, mengatakan pelaksanaan shalat Idul Adha ini akan digelar pada Senin (17/6/2024) besok, yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah 1445 H pada pukul 06.00 WIB.

“Kami mengajak masyarakat Balongpanggang dan sekitarnya untuk berbondong-bondong mengikuti pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid KH Robbach Ma’sum,” ucapnya, Minggu (16/6/2024).

Baca juga:  Kapal Cantrang Rusak Ekosistem Laut Bawean Gresik, Nelayan Minta Pemerintah Tegas

Mulyanto mengimbau masyarakat untuk hadir lebih awal, agar lebih mudah mengatur shaf salat. Untuk pelaksanaan shalat Idul Adha ini, akan menghadirkan Khotib sekaligus Imam, Ustadz Abdul Rohim, Al Hafidz.

“Kami juga menggandeng organisasi keagamaan (Ormas), instansi pemerintah, Sekolah dan Madrasah agar turut serta dalam pelaksanaan shalat tahun ini, dengan harapan kebersamaan dapat terjalin semakin erat,” harapnya.

Kemudian, keesokan harinya pada Selasa (18/6/2024) Organ Pengelola Masjid KH Robbach Ma’sum, menjadwalkan pemotongan hewan kurban di lingkungan Islamic Center.

Hewan kurban yang disembelih itu, 2 ekor sapi dari Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, dan 3 ekor kambing jumbo masing-masing dari H Mulyanto, H Subakri dan H Reza Pahlevi seorang pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Baca juga:  Kurangi Sampah Plastik, Warga Pulau Bawean Gresik Bagikan Daging Kurban dengan Daun Jati

Untuk antisipasi, hewan yang akan dikurbankan juga akan diperiksa oleh dokter hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Gresik, untuk mengecek langsung organ vital hewan kurban yang akan dipotong. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan qurban bebas dari penyakit PMK sebelum didistribusikan.

“Semoga kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi antar umat islam di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, memberikan manfaat dan berkah, baik yang bersedekah hewan kurban, yang melaksanakan pemotongan hewan kurban dan menerima kurban,” tuturnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler