Selasa, Januari 31, 2023

Mengenal Aplikasi WMS Platform Digital Petrokimia Gresik, yang Bisa Jamin Kelancaran Distribusi Pupuk

GresikSatu | Sebagai perusahaan penyedia pupuk di Indonesia, PT Petrokimia Gresik terus melakukan inovasi teknologi dalam menunjang kinerja perusahaan. Salah satunya dengan penggunaan Aplikasi Warehouse Management System (WMS).

Platfrom digital milik PT Petrokimia Gresik ini, diklaim memiliki banyak manfaat. Salah satunya, menekan antrean truk pengangkut pupuk, karena fitur ini sudah terhubung langsung dengan Google Maps yang bisa memantau aktivitas handling produk di gudang secara real time.

Berikut manfaat dan kelebihan pengunaan Aplikasi WMS Platform Digital Petrokimia Gresik, yang menjadi andalan dalam distribusi pupuk bersubsidi.

1. Jamin Kelancaran Distribusi Pupuk Bersubsidi

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, aplikasi ini mampu menjamin kelancaran distribusi pupuk bersubsidi, secara real time. Hal Ini merupakan komitmen perusahaan dalam menjaga ketahanan pangan nasional melalui penyediaan pupuk.

“Terutama pupuk bersubsidi dengan prinsip enam tepat, yaitu tepat tempat, tepat harga, tepat jumlah, tepat mutu, tepat jenis, dan tepat waktu,” katanya, Kamis (29/12/2022).

Baca juga:  Petrokimia Gresik Beberkan Punya Cara Jitu Hadapi Ancaman Krisis Pangan Dunia

2. Aplikasi WMS terintegrasi di Gudang Lini I Petrokimia Gresik

WMS sendiri bisa diakses di banyak Platform digital, seperti mobile apps dan web. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Gudang Lini I Petrokimia Gresik, sehingga aktivitas distribusi visa terpantau dengan baik. Aplikasi ini digunakan sebagai pencatatan aktivitas handling produk di gudang secara real time.

“WMS dilengkapi hardware berupa tablet, monopod dan action cam, sehingga seluruh kegiatan di gudang bisa terpantau dan tersistem dengan baik,” bebernya.

3. Mampu Hemat Miliaran Rupiah

Penerapan aplikasi ini membawa dampak positif bagi keungan PT Petrokimia Gresik. Pasalnya dengan diterapkan sistem ini, perusahaan plat merah ini mampu menghemat anggaran sebesar Rp 1,9 miliar pertahun.

“Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menurunkan risiko kerusakan produk sehingga pupuk yang diterima petani terjamin kualitasnya,” ujar Dwi Satriyo.

4. Menekan Antrean Truk Pengangkut Pupuk

Kelebihan lain dalam penerapan apliaksi ini, yakni mampu meminimalisasi terjadinya penumpukan antrean truk. Apalagi fitur ini, sudah dilengkapi dengan fitur yang terhubung langsung dengan Google Maps. Sehingga data truk yang mengangkut pupuk akan terekam di aplikasi WMS, baik sebelum maupun sesudah proses pemuatan.

Baca juga:  Petrokimia Gresik Beri Beasiswa untuk 331 Anak, Nilainya Ratusan Juta

“Melalui integrasi ini, antrean truk semakin berkurang, tidak ada lagi menunggu truk parkir di jalan karena tidak dapat alokasi muat, sehingga meminimalisasi dampak negatif bagi lingkungan,” ujar Dwi Satriyo.

Untuk memastikan data yang diinput sesuai dengan kondisi riil di lapangan, petugas gudang wajib melampirkan foto kondisi truk. Kemudian serah terima antara petugas dan driver dilakukan setelah proses pemuatan selesai dan ditandai dengan berita acara yang dilengkapi digital signature.

“Dengan demikian, kita bisa meng-capture kondisi stok secara real time di seluruh area dari lini I sampai lini IV, baik indoor maupun outdoor (dalam perjalanan),” ujar Dwi Satriyo. (aam)