Menikmati Keindahan dan Daya Tarik Kebun Raya Purwodadi: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

GresikSatuKebun Raya Purwodadi, yang juga dikenal sebagai Hortus Iklim Kering Purwodadi, didirikan pada 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking, seorang ahli biologi Belanda.

Kebun raya ini berfungsi sebagai Balai Konservasi Tumbuhan yang dikelola oleh Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, di bawah Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dan merupakan salah satu pusat penelitian flora tropis yang penting di Indonesia.

Sejak didirikan, Kebun Raya Purwodadi terus berkembang dan memperluas koleksinya. Saat ini, kebun raya ini memiliki lebih dari 2.000 jenis tanaman, termasuk tanaman langka dan endemik Indonesia.

Alamat dan Rute

Kebun Raya Purwodadi terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang Km 65, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah dijangkau baik dari Surabaya maupun Malang.

Pengunjung dapat mencapai Kebun Raya Purwodadi dengan berbagai moda transportasi, mulai dari kendaraan pribadi hingga transportasi umum. Tersedia pula area parkir yang luas bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Pengunjung disarankan datang lebih awal untuk menikmati seluruh area kebun raya tanpa tergesa-gesa.

Baca juga:  Kepulangan Jamaah Haji Tuban Diwarnai Tangis Haru

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

  • Senin – Jumaat: Rp. 15.000
  • Sabtu, Minggu dan hari libur nasional: Rp. 25.000

Adapun tarif untuk kendaraan dibedakan berdasarkan jenisnya.

  • Mobil: Rp. 15.000
  • Motor: Rp. 5.000
  • Bus: Rp 50.000
  • Sepeda: Rp. 9.500

Daya Tarik Utama Kebun Raya Purwodadi

  • Koleksi Tanaman

Kebun Raya Purwodadi memiliki berbagai koleksi tanaman, mulai dari tanaman hias, obat, hingga tanaman langka. Beberapa koleksi unggulan di antaranya adalah Anggrek, Kaktus, dan Tumbuhan Paku.

  • Taman Tematik

Terdapat beberapa taman tematik di Kebun Raya Purwodadi, seperti Taman Paku, Taman Buah, dan Taman Palma. Setiap taman tematik menawarkan keunikan tersendiri yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Fasilitas di Kebun Raya Purwodadi

  • Area Piknik dan Rest Area

Kebun Raya Purwodadi menyediakan area piknik yang luas dan nyaman bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Tersedia pula rest area dengan fasilitas toilet dan tempat duduk yang bersih.

  • Pusat Informasi dan Edukasi

Untuk menambah wawasan pengunjung, Kebun Raya Purwodadi memiliki pusat informasi dan edukasi yang menyediakan berbagai informasi tentang tanaman dan konservasi alam.

Baca juga:  Keindahan Air Terjun Songgo Langit di Trenggalek

Aktivitas Menarik di Kebun Raya Purwodadi

  • Bersepeda dan Jogging

Kebun Raya Purwodadi memiliki jalur khusus untuk bersepeda dan jogging. Aktivitas ini cocok bagi pengunjung yang ingin berolahraga sambil menikmati keindahan alam.

  • Fotografi Alam

Dengan keanekaragaman tanaman dan lanskap yang indah, Kebun Raya Purwodadi menjadi tempat yang ideal untuk fotografi alam. Pengunjung dapat mengabadikan momen-momen indah di berbagai sudut kebun raya.

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi

  • Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi adalah pada pagi hari saat udara masih segar dan belum terlalu panas. Pengunjung juga disarankan untuk datang pada hari biasa untuk menghindari keramaian.

  • Persiapan Sebelum Berkunjung

Pengunjung disarankan membawa bekal makanan dan minuman, serta menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk berjalan-jalan di area kebun raya. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan alam.

Kebun Raya Purwodadi adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam sekaligus edukasi tentang tanaman.

Dengan beragam koleksi tanaman, fasilitas yang lengkap, dan berbagai aktivitas menarik, kebun raya ini menjadi tempat yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler