PDAM Gresik Lakukan Percepatan Pembangunan SPAM Umbulan, Target Tahun ini Selesai 

GresikSatu | Proyek galian pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan mulai dikerjakan pada tahun 2023, di Kabupaten Gresik. Proyek yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) merupakan dukungan Kementerian PUPR, untuk percepatan SPAM Umbulan.

Seperti yang ada di Jalan Giri, Kebomas. Tampak para pekerja melakukan galian di bahu jalan, sekitar 2 meter untuk pemasangan SPAM regional Umbulan tersebut. Rencananya, di area depan komplek Makam Sunan Giri tersebut akan terpasang SPAM Umbulan dari reservoir Giri ke area Desa Sidomukti hingga Jalan Kapten Dulasim, Kecamatan /Kabupaten Gresik.

“Itu proyek bantuan APBN melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Timur untuk serapan Umbulan, dengan anggaran senilai Rp 86 M,” ucap Dirut Perumda Giri Tirta Gresik Kurnia Suryandi, Selasa (7/2 /2023).

Baca juga:  Teken MoU dengan Freeport, Perumda Giri Tirta Gresik Sediakan Air Bersih untuk Proyek Smelter Manyar

Nantinya, saluran pipa tersebut akan melewati area mulai Duduksampeyan, Suci, Jalan Mayjend Sungkono, sampai Giri.

“Proyek tersebut memang dibangunkan oleh Kementerian PUPR melalui cipta karya untuk mendukung tercapainya serapan air umbulan,” jelas Yandi sapaan akrabnya.

Dirtek Perumda Giri Tirta Gresik Hartadi Agung Sutono menambahkan, proyek tersebut sudah dilakukan lelang sejak tahun 2022 kemarin. Di Tahun 2023 ini, sudah ada kontrak pemenangnya. Yakni Waskita Karya.

“Sebelumnya juga sudah dilakukan sosialisasi kepada warga beserta pihak terkait. Mulai dari Pemerintah Kecamatan, Desa, Tokoh Masyarakat dan warga yang terdampak galian pipa tersebut,” tuturnya.

Pihaknya memastikan, proyek tersebut ditargetkan selesai sampai akhir tahun 2023. Karena kontrak proyek sampai Desember 2023.

Baca juga:  Program Hibah Air Gratis dari PDAM Gresik untuk Masjid, Dinilai Sangat Bermanfaat

“Mulai awal bulan sosialisasi, bulan ini baru dilakukan pekerjaan,”imbuhnya.

Pihaknya merincikan, bahwa sambungan pipa SPAM Umbulan yang dikerjakan oleh Waskita Karya ini, ada tiga wilayah bagian proyek galian pipa SPAM tersebut. Pertama, bagian Giri Atas sampai Jalan Kapten Dulasim dengan  panjang 9,8 km, lalu bagian Bunder sampai Duduk Sampeyan dengan panjang 7,9 km, dan bagian Bunder sampai Manyar panjang dengan panjang 5,8 km.

“Setelah selesai, nanti juga pemasangan pipa untuk saluran rumah (SR) sebanyak 3000 SR. Dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) Pusat, yang dikelola dinas Cipta Karya PKP Gresik di Desa Wadak dan Sumengko Kecamatan Duduksampeyan,” urainya memungkasi. (faiz)

Advertisement