Senin, Januari 30, 2023

Peran UMKM dan Mahasiswa: Wabup Gresik: Penting Perkuat Ekonomi Negara

GresikSatu I Seminar kewirausahaan pasca pandemi digelar oleh Dewan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh (DEMA STEIKASSI) dan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Qomaruddin (HIMESY UQ).

Selain Wabup Gresik Aminatun Habibah, hadir juga Rektor STEIKASSI Nurul Istifadhoh, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UQ M. Ala’udin, Ketua Yayasan Kanjeng Sepuh Ali Afandi, Camat Sidayu Nuryadi beserta Muspika.

“Yang akan memperkuat ekonomi suatu negara adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), oleh sebab itu mari kita ubah mindset kita mulai dari mahasiswa ini setelah lulus harus menjadi enterpreneur. Sehingga nanti perekonomian kita bisa menjadi lebih baik,” ucap Bu Min sapaan akrab Wabup.

Selama ini Bu Min juga merasa tujuan bersekolah hanya untuk bekerja saja itu kurang tepat. Menurutnya semua orang harus memiliki target untuk dapat membuka lapangan kerja.

Baca juga:  Hari Disabilitas Internasional, Wabup Gresik Harapkan Masyarakat Ubah Cara Pandang

Bu Min juga sempat mengutip kata-kata pendiri perusahaan raksasa Alibaba yaitu Jack Ma. Dari pandangannya UMKM akan meledak dan menjadi inti dari perekonomian suatu negara.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga ” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”date”]

“Kalau menurut pendiri Alibaba Jack Ma, yang akan memperkuat ekonomi suatu negara adalah UMKM. Nah, nantinya UMKM akan tumbuh ditengah-tengah masyarakat, tidak terlihat bangunannya, tapi ekonominya luar biasa,” ujarnya, Jumat (7/10/2022).

Untuk itu Bu Min bersama Pemkab Gresik juga berjanji akan terus-menerus mensupport masyarakat Gresik. Salah satunya adalah lewat rumah vokasi. Dimana nantinya warga Gresik dapat mendaftar dan mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan minatnya dalam bekerja.

Baca juga:  Jadi Ketua KPPI Kabupaten Gresik, Bu Min Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan di Politik

“Jadi intinya adalah bagaimana kita menciptakan pekerjaan. Pemerintah kabupaten Gresik juga akan mensupport hal tersebut lewat Rumah Vokasi. Dimana kegiatannya akan berfokus pada pelatihan sebagai enterpreneur,” jelas Wabup.

Di tempat yang sama Rektor STEIKASSI Nurul Istifadhoh juga mengatakan, upaya pemulihan ekonomi kali ini tidak boleh hanya bergantung pada peluang yang diberikan oleh pemerintah setempat. Menurutnya hal itu akan percuma bila tidak dibarengi dengan keinginan dalam diri sendiri.

“Kita harus mencari peluang sendiri, meskipun dari pemerintah sudah menyediakan, tetap saja kalau kita tidak mau bergerak menggapainya, hal itu akan sia-sia,” ujarnya. (Tov)