Persiapan Sail To Indonesia 2022 di Bawean Gresik, Sudah Ada Lima Kapal Yachter yang Berlabuh

GresikSatu | Pulau Bawean Gresik kembali ditunjuk sebagai tuan rumah dalam acara internasional Sail to Indonesia 2022. Rencananya, acara ini akan berlangsung Senin tanggal 10 Oktober hingga tanggal 13 Oktober nanti. Pantai Labuhan, Desa Tanjungori menjadi tuan rumah tempat berlabuh para yachter.

Dari pantauan di lapangan, sudah ada lima kapal yachter sudah berlabuh di Pantai Labuhan. Semua yachter akan berkumpul tanggal 11 Oktober nanti. Event internasional ini sebagai ajang promosi destinasi wisata bahari, yang tujuannya memperkenalkan Bawean Gresik kepada dunia.

Adapun sesuai rundown acara, Sail to Indonesia 2022 di Bawean akan berlangsung selama empat hari. Antara lain, tanggal 10 Oktober kapal layar peserta mulai beedatangan di Pantai Labuhan Tanjungori.

Lalu oada 11 Oktober, ada acara penyambutan para peserta yachter WA21 pada pukul 09.00 Wib hingga 10.00 Wib. Berlanjut pada 12 Oktober ramah tamah beserta live music pada pukul 19.00 Wib sampai 22.00 Wib.

Baca juga:  Warga Bawean Khawatir Ada Longsor Susulan, BMKG Beri Peringatan Ini

Kemudian pada tanggal 13 Oktober peserta yachter WA21 menlakutkan perjalanan destinasi selanjutnya. Perlu diketahui, Pulau Bawean tidak satu-satunya pulau yang menjadi tempat kunjungan destinasi para peserta yachter. Ada beberapa tempat di seluruh Indonesia yang menjadi jujukan para turis mancanegara.

Menariknya, ajang internasional Sail to Indonesia 2022 disambut dengan sukacita oleh warga sekitar. Mereka sampai bersama-sama membersihkan pantai. Hal ini dimaksudkan agar pantai-pantai yang dikunjungi para peserta yachter tetap selalu bersih dari kotoran sampah berserakan.

Tidak hanya itu, beberapa BUMDes memanfaatkan dengan memperkenalkan produk andalan kuliner khas Bawean. Salah satunya dilakukan oleh Bumdes Kecamatan Tambak. Beberapa stand itu akan menyediakan produk makanan, minuman, dan kerajinan khas Bawean.

“Nanti ada lima stand yang sudah bekerja sama dengan para relawan, dan para pelaku UMKM Bumdes,” ucap Supaji Alatas perwakilan Bumdes Kecamatan Tambak, Senin (10/10/2022).

Baca juga:  Melancong Ke Bawean, Turis Asal Jerman Terkejut Temukan Ikan Pari Kikir yang Terancam Langkah

Kepala Desa Tanjungori Nur Ahli mengatakan, pantai Labuhan yang menjadi singgah para yachter sudah ada tempat penyambutan. Karena Pantai di Desanya menjadi tuan rumah dalam perayaan ini. 

“Itu yang membedakan dari Sail Indonesia di Bawean. Kalau dulu, Labuhan tidak menjadi tuan rumah. Hanya sebagai tempat berlabuh yachter. Sekarang Labuhan menjadi tuan rumah Sail Indonesia 2022 ini,” ucapnya. 

Diketahui, perhelatan Sail to Indonesia 2022 di Bawean sudah terhitung tiga kali. Mulai tahun 2018, 2019, dan sekarang tahun 2022.

Rute awal Sailing Pass Rally Sail to Indonesia 2022 dilakukan di Pelabuhan Navigasi Kei, Maluku Tenggara. Rute Sail to Indonesia 2022 menyinggahi Kepulauan Kei, Banda, Ambon, Tifu, Wakatobi, Pulau Wajo, Baubau di Pulau Buton, Muna Barat, Labuan Bajo, Sumbawa, Lombok Utara, Lovina di Bali utara, Bawean, Kumai, Pulau Belitung, Penuba, dan berakhir di Pulau Benan, Lingga, Kepulauan Riau. (faiz/aam)

Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler