Pesona Wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Jawa

GresikSatu | Banyuwangi, sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Jagir.

Mari kita jelajahi lebih lanjut mengenai pesona wisata Air Terjun Jagir dan mengapa Anda harus memasukkannya dalam daftar perjalanan Anda berikutnya.

Air Terjun Jagir, juga dikenal sebagai Air Terjun Kampung Anyar, terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah.

Lokasinya yang dikelilingi oleh pepohonan hijau membuatnya terlihat seperti surga tersembunyi yang jarang dijamah manusia.

Jarak wisata air terjun Jagir dari pusat kota Banyuwangi hanya berkisar 13 kilometer, menjadikan air terjun jagir sebagai tempat yang pas untuk sejenak melepas penat.

Keindahan Alam Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air jernih yang mengalir deras dari ketinggian sekitar 10 meter.

Di sekitarnya, Anda akan menemukan hamparan pepohonan hijau yang menambah kesegaran udara dan membuat suasana semakin asri.

Air Terjun Jagir dikenal dengan keunikan tiga mata airnya yang mengalir dari satu tebing yang sama.

Ketiga aliran air ini menciptakan pemandangan yang sangat memukau dan berbeda dari air terjun lainnya.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir memiliki kolam alami di bawahnya yang cukup dangkal dan aman untuk berenang.

Baca juga:  Menjelajahi Keindahan Alam Hutan Pinus Nongko Ijo Madiun

Airnya yang segar dan jernih sangat cocok untuk bermain air atau sekadar berendam melepas penat.

Bagi pecinta fotografi, Air Terjun Jagir menawarkan banyak spot foto yang Instagramable. Keindahan alamnya yang alami dan belum banyak tersentuh tangan manusia membuat setiap jepretan kamera terlihat memukau.

Spot foto yang pertama ada si jembatan gelombang merah. Jembatan ini ada di jalan masuk menuju air terjun Jagir, jadi sebelum kalian berbasah-basahan bisa foto cantik disini.

Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalur trekking yang cukup menantang namun memuaskan. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang tak kalah indahnya.

Fasilitas dan Aksesibilitas

Meskipun lokasinya cukup tersembunyi, Air Terjun Jagir telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas dasar untuk kenyamanan pengunjung.

Tersedia area parkir, toilet umum, dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman ringan.

Air Terjun Jagir dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum. Dari pusat kota Banyuwangi, Anda bisa mengikuti rute menuju Kecamatan Glagah dan melanjutkan perjalanan ke Desa Taman Suruh.

Baca juga:  Air Terjun Eksotis Jawa Timur, Tempat Bertapa Favorit Gajah Mada

Dari sini, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapai lokasi air terjun.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Jagir

Wisata air terjun Jagir buka setiap hari mulai pukul 07:00 sampai 16:30, belum ada area untuk menginap dan camping di sekitar area air terjun Jagir.

Sedangkan untuk harga tiket masuk Wisata Air Terjun Jagir juga sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000 per orang dan Rp. 3.000 untuk parkir kendaraan.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Jagir

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Jagir adalah pada pagi hari atau sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas.
  • Hindari musim hujan karena jalur menuju air terjun bisa menjadi licin dan berbahaya.
  • Pastikan Anda membawa pakaian ganti, alas kaki yang nyaman untuk trekking, dan kamera untuk mengabadikan momen indah.
  • Jangan lupa juga membawa bekal makanan dan minuman karena fasilitas di sekitar air terjun masih terbatas.

Air Terjun Jagir adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau dan pengalaman yang tak terlupakan.

Dengan keunikan tiga mata airnya dan suasana alami yang asri, tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

Jadi, jangan ragu untuk memasukkan Air Terjun Jagir dalam daftar perjalanan Anda berikutnya dan rasakan sendiri pesona keindahannya.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler