Petrokimia Gresik Gelar Pasar Rakyat, Dukung Pertumbuhan Ekonomi dengan PetroNite Fest 2024

GresikSatu | Petrokimia Gresik, menggelar pasar rakyat bertajuk PetroNite Fest 2024 untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar perusahaan.

Acara ini berlangsung dari 29 Juni hingga 7 Juli 2024 di SOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, dan dibuka secara resmi oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, pada Sabtu (29/6/2024).

PetroNite Fest 2024 menghadirkan 536 stand dengan melibatkan lebih dari 400 UMKM dari berbagai wilayah sekitar perusahaan, termasuk UMKM binaan Petrokimia Gresik, masyarakat umum, dan warga Gresik.

Peserta berasal dari delapan kelurahan dan desa di sekitar perusahaan, yaitu Kelurahan Ngipik, Karangpoh, Sukorame, Karangturi, Tlogopojok, Kroman, Lumpur, dan Desa Roomo.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, UMKM memiliki peranan strategis sebagai pilar perekonomian Indonesia yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan.

“Oleh karena itu, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN yang juga salah satu pilar penggerak perekonomian, menaruh komitmen dan perhatian tinggi terhadap UMKM, salah satunya melalui kegiatan ini,” ujarnya.

Baca juga:  Petrokimia Gresik Tanam 2.000 Bibit Mangrove di Desa Tanjungwidoro Bungah

PetroNite Fest 2024 yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Petrokimia Gresik ini menawarkan berbagai macam barang, termasuk kerajinan tangan, pakaian, dan aneka makanan.

Acara ini juga menampilkan berbagai jenis makanan tradisional dari berbagai daerah, makanan modern, dan makanan unik yang disajikan melalui Food Truck.

Selain itu, kegiatan ini memberikan sarana kepada para pedagang UMKM untuk bisa memperkenalkan serta mempromosikan karya dan barang yang mereka jual.

“Baik berupa makanan, pakaian, atau kerajinan. Hal ini menjadi media pemasaran bagi UMKM binaan perusahaan,” tambah Dwi Satriyo.

Pasar rakyat yang berlangsung selama sembilan hari ini diperkirakan akan menghasilkan transaksi sebesar Rp 10 miliar dengan jumlah pengunjung mencapai lebih dari 5.000 orang per hari.

Baca juga:  Usaha Kue Kering di Gresik Banjir Orderan Jelang Lebaran, Panen Untung Hingga Puluhan Juta

“Tahun ini, PetroNite Fest 2024 membawa konsep ‘Tumbuh dan Berkembang’ sesuai dengan tujuan kegiatan untuk mendorong geliat ekonomi melalui pertumbuhan UMKM sebagai pilar ekonomi berbasis kerakyatan,” jelas Dwi Satriyo.

Acara ini dikemas untuk semua kalangan dan berbagai macam profesi, dengan menghadirkan musisi lokal, kesenian tradisional, hadrah, kasidah, dan berbagai hiburan lainnya yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Di akhir acara, Dwi Satriyo menyampaikan apresiasinya atas antusiasme masyarakat dan UMKM Gresik terhadap acara ini.

“Terima kasih kepada masyarakat dan UMKM Gresik atas animo yang luar biasa pada acara ini. Kami mempersembahkan PetroNite Fest 2024 ini khusus untuk masyarakat Gresik,” bebernya.

“Semoga acara ini dapat menghibur, bermanfaat, dan menjadi pemantik percepatan pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi Kabupaten Gresik,” tutup Dwi Satriyo.

Reporter:
Aam Alamsyah
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler