Proyek Pembangunan Smelter Gresik, Capai 50 Juta Jam Tanpa Kecelakaan Kerja

GresikSatu | PT Freeport Indonesia (PTFI) mencapai lebih dari 50 juta jam kerja selamat, dalam proyek pembangunan smelter di JIIPE, Gresik.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Site Manager proyek smelter PTFI, Venta Agustri di Gresik. Bahwa dari pencapaian tersebut, semakin menguatkan langkah optimis Freeport Indonesia yang memulai operasi smelter pada Juni 2024.

“Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan prestasi dalam pembangunan, tetapi juga menetapkan standar tertinggi dalam keselamatan kerja yang akan menjadi inspirasi kedepannya,” ucapnya, Kamis (20/6/2024).

Venta menjelaskan, dalam perayaan 50 juta jam kerja selamat ini, PTFI menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada karyawan dan kontraktor yang telah memberikan kontribusi terhadap keselamatan kerja.

Baca juga:  Antre Bongkar Muatan, Sopir Truk di Area Smelter Freeport Gresik Mati Mendadak 

“Sejak awal pembangunan smelter pada 2021, PTFI telah menorehkan catatan penting yakni dimulai dengan satu juta jam kerja selamat, yang menjadi fondasi awal dalam menjaga keselamatan di tempat kerja. Berikutnya berhasil meraih 10 juta jam kerja selamat yang menunjukkan peningkatan dan konsistensi dalam menjalankan prosedur keselamatan yang telah kami tetapkan,”paparnya.

“Selanjutnya, pada Agustus 2023 PTFI sudah mencapai 25 juta jam kerja selamat. Ini menjadi sebuah lompatan besar yang membuktikan bahwa budaya keselamatan telah terintegrasi sepenuhnya dalam setiap aspek pekerjaan kami,” tambahnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Gresik Zainul Arifin turut hadir dalam perayaan 50 juta jam kerja selamat proyek smelter PTFI, dan memberikan arahan kepada para pekerja.

Baca juga:  Sampah Laut Jadi Momok, PT Semen Padang dan Kementerian KKP Berkolaborasi Luncurkan Program Nabuang Sarok

“Pencapaian 50 juta jam kerja adalah bukti nyata dari dedikasi dan komitmen semua pihak dalam menjamin keselamatan kerja. Semoga ini menjadi inspirasi dan standard bagi industri lainnya di Indonesia,” ucapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi peran dan kontribusi yang para pekerja yang sudah mencapai rekor ini.

“Dedikasi dan kepatuhan mereka terhadap prosedur keselamatan telah menjadi kunci utama kesuksesan PTFI,” jelas mantan Camat Manyar itu.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler