Risiko Jika Kamu Telat Ganti Oli Kendaraan Tepat Waktu, Bisa Akibatkan Kebakaran

GresikSatu | Oli mesin adalah komponen penting dalam menjaga performa dan umur panjang mesin kendaraan. Mengganti oli mesin secara rutin sesuai jadwal adalah suatu keharusan bagi pemilik kendaraan.

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antara komponen mesin. Gesekan yang minimal akan mengurangi keausan dan kerusakan pada bagian-bagian mesin.

Oli juga berperan dalam menyerap panas dari komponen mesin, menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah overheating.

Oli mesin mengandung deterjen yang membantu membersihkan kotoran dan partikel logam yang terbentuk selama operasi mesin. Ini mencegah terjadinya penumpukan kotoran yang dapat merusak mesin.

Selain itu oli juga befungsi melapisi komponen logam di dalam mesin dan melindunginya dari karat dan korosi yang disebabkan oleh kelembaban dan oksidasi.

Risiko Telat Mengganti Oli Mesin

Kerusakan pada Komponen Mesin

Telat mengganti oli dapat menyebabkan oli kehilangan viskositas dan kemampuan pelumasannya.

Akibatnya, gesekan antar komponen mesin meningkat, yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada bagian-bagian mesin seperti piston, silinder, dan poros engkol.

Overheating Mesin

Oli yang sudah kotor dan tua tidak mampu menyerap panas dengan efektif. Ini dapat menyebabkan mesin mengalami overheating yang berpotensi merusak komponen penting seperti gasket kepala silinder dan bahkan menyebabkan kegagalan mesin secara keseluruhan.

Baca juga:  Oli Mesin yang Cocok untuk Mobil Tua di Atas 5 Tahun

Penurunan Performa Mesin

Oli yang tidak diganti sesuai jadwal dapat mengakibatkan penumpukan kotoran di dalam mesin, yang menghambat aliran oli dan mengurangi efisiensi pelumasan.

Mesin akan bekerja lebih keras dan performanya menurun, yang juga berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Risiko Terbakar

Oli yang sudah tua cenderung menjadi lebih mudah terbakar. Dalam kondisi tertentu, terutama jika mesin bekerja pada suhu tinggi, risiko kebakaran dapat meningkat.

Penurunan Efisiensi Bahan Bakar

Oli mesin yang kotor dan tidak diganti sesuai jadwal dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Penggunaan bahan bakar yang lebih boros ini akan menambah biaya operasional kendaraan.

Tanda-Tanda Oli Mesin Perlu Diganti

  • Warna Oli yang Gelap dan Kotor

Oli yang sudah saatnya diganti biasanya akan berubah warna menjadi gelap dan tampak kotor. Ini menandakan bahwa oli sudah jenuh dengan kotoran dan partikel logam.

  • Munculnya Suara Kasar dari Mesin

Suara mesin yang kasar atau tidak biasa bisa menjadi tanda bahwa oli mesin tidak lagi berfungsi dengan baik sebagai pelumas. Ini bisa disebabkan oleh oli yang terlalu kotor atau kekurangan oli.

  • Lampu Indikator Oli Menyala

Lampu indikator oli yang menyala di dashboard adalah tanda jelas bahwa ada masalah dengan oli mesin, bisa jadi karena oli kurang atau sudah terlalu kotor dan harus segera diganti.

  • Penurunan Performa Kendaraan

Jika kendaraan Anda mulai menunjukkan penurunan performa, seperti akselerasi yang lambat atau mesin yang terasa berat, bisa jadi ini akibat oli yang tidak diganti tepat waktu.

Baca juga:  Penyebab dan Solusi Aki Motor Cepat Drop

Rekomendasi Penggantian Oli Mesin

  • Mengikuti Jadwal yang Dianjurkan

    Setiap produsen kendaraan memiliki rekomendasi jadwal penggantian oli berdasarkan jarak tempuh atau waktu. Mengikuti rekomendasi ini sangat penting untuk menjaga performa dan keawetan mesin.

  • Menggunakan Oli Berkualitas

    Pilih oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan iklim tempat kendaraan sering digunakan. Oli berkualitas tinggi akan memberikan perlindungan lebih baik dan umur pakai yang lebih lama.

  • Penggunaan Filter Oli yang Tepat

    Selain mengganti oli, filter oli juga perlu diganti secara rutin. Filter oli yang bersih akan memastikan sirkulasi oli tetap optimal dan mencegah masuknya partikel kotoran ke dalam mesin.

Mengganti oli mesin tepat waktu adalah hal yang krusial untuk menjaga performa dan umur panjang mesin kendaraan.

Oleh karena itu, selalu pastikan untuk mengikuti jadwal penggantian oli yang dianjurkan dan menggunakan produk oli serta filter berkualitas tinggi.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler