Minggu, Januari 29, 2023

Sat Set Peduli Bencana! Petrokimia Gresik Salurkan Paket Sembako ke Korban Erupsi Gunung Semeru

GresikSatu | PT Petrokimia Gresik menyalurkan 1.000 paket sembako kepada korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Kinerja Sat Set peduli bencana dari Petrokimia Gresik merupakan bagian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Ada 1.000 paket sembako yang dikirim PT Petrokimia Gresik melalui Staf Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan berupa 5 kilogram sak beras, 1 kilogram gula, dan 4 bungkus mi instan. Bantuan itu langsung diterima dan diserahkan kepeda warga di Pusat Posko Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, perusahannnya sebagai bagian dari BUMN harus tanggap dengan kondisi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Termasuk bencana erupsi Gunung Semeru yang tentunya membawa trauma besar bagi masyarakat Lumajang.

Baca juga:  PT Wilmar Nabati Kirim Bantuan 5 Ribu Paket Sembako ke Korban Semeru

“Apalagi tepat satu tahun lalu atau 4 Desember 2021 erupsi cukup dahsyat juga telah memakan banyak korban jiwa. Mereka harus kehilangan keluarga, kehilangan harta, bahkan harus rela untuk direlokasi karena rumahnya tertimbun lahar,” kata Swi Satriyo, Selasa (6/12/2022).

Sesuai informasi dari BPBD Kabupaten Lumajang ada sekitar 2.489 pengungsi tercatat pada Minggu (4/12/2022) sore. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia, mereka tinggal di titik pengungsian fasilitas umum, seperti sekolah, balai desa, kantor pemerintahan dan masjid.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat mengurangi beban para korban erupsi gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur,” ujar Dwi Satriyo.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Petrokimia Gresik juga merupakan Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur. Petrokimia Gresik berkomitmen untuk senantiasa tanggap dengan kondisi apapun yang terjadi di Jawa Timur. Termasuk memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru. 

Baca juga:  Petrokimia Gresik Mengajar Upaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan

“Kami sebagai bagian dari BUMN harus peduli terhadap lingkungan sekitar, termasuk berkomitmen hadir di tengah masyarakat, seperti di tengah bencana masyarakat Lumajang. Semoga para korban diberikan kekuatan,” tutup Dwi Satriyo. (aam)