Selasa, Januari 31, 2023

Seleksi Pemilihan Duta Muda Gresik Tahun 2023, Simak Syarat dan Ketentuannya

GresikSatu | Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dispaerkraf Budpora) Kabupaten Gresik kembali membuka ajang kreatifitas bagi kelompok muda. Kali ini, ajang pengembangan bakat melalui seleksi pemilihan Duta Muda Gresik periode 2023.

Duta muda menjadi inovasi baru dari Pemerintah Daerah dalam pengembangan kualitas pemuda sebagai pribadi yang kritis, inovatif, dinamis, namun tetap berintegritas tinggi. 

Founder dari Duta Muda Gresik, Ahmad Maududdin menerangkan program Duta Muda juga berafiliasi dengan Kemendikbud, karena nantinya tidak hanya mencetak generasi yang cakap dalam bertutur, namun bergerak nyata dengan tindakan.

“Sebagai program yang bergerak dibidang education and sosial, sesuai dengan slogan “YES” yakni : youth, education, and social diharapkan dapat mencetak generasi yang kaya empati,” katanya, Selasa (6/12/2022).

Prioritas program Duta Muda Gresik, kata Myaluddi  adalah sub sosial. Dimana mefokusan kontribusi atau sinergitas kawula muda untuk aktif terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Baca juga:  Membanggakan, Siswi SD YIMI Raih Juara 1 Duta Wisata Cak Yuk Cilik Tahun 2022 

Mekanisme Seleksi

Mekanisme seleksi pemilihan Duta Muda 2023 dimulai dengan offline berbayar sesuai jadwal, kemudian seluruh peserta akan mendapatkan seminar kepemudaan dan bisnis pada pembekalan TM.

“Kita adakan tes tahap 1 yang berisi seleksi tulis, dan wawancara. Lalu berlanjut pada penjaringan tahap 2 dengan aksi sosial, dimana peserta melakukan simulasi tenaga pendidik dengan tema pendidikan literasi untuk anak dini,” ujarnya.

Periode pendaftaran dilakukan 2 kali, gelombang pertama dilaksanakan mulai tanggal 10-25 Desember 2022, sedangkan gelombang kedua dilaksanakan tanggal 25 Desember-14 Januari 2023. Dan berlanjut TM pada tanggal 15 Januari 2023.

Pria yang akrab dipanggil Modi tersebut menjelaskan, fisik tidak menjadi primadona kali ini, sesuai persyaratan yang tertera pada pengumuman yang disebarkan. 

Baca juga:  Membanggakan, Siswi SD YIMI Raih Juara 1 Duta Wisata Cak Yuk Cilik Tahun 2022 

“Tidak ada tinggi minimal, fisik menjadi nomor sekian. Prioritas kami adalah mencari good attitude, sebagai contoh generasi inspiratif yang memiliki jiwa sosial tinggi,” tambahnya.

Gresiksatu.com
Infografis Duta Muda Gresik.

Lebih lanjut, pemilihan Duta Muda Gresik 2023 nantinya akan diambil 10 pasang finalis yang rencananya akan mengikuti serangkaian seleksi, seperti : karantina, grandfinal. 

Pemenang Utama Duta Muda Gresik (DMG) akan berkomitmen selama setahun untuk pergerakan Gresik. Juga mendapat kesempatan dikirim ke Mister Teen Jawa Timur dan Miss Teenager Jawa Timur.

“Jika berkesempatan menang di tingkat Provinsi akan dikirim ke Nasional hingga skala Internasional dalam ajang Mister Teen Universe dan Miss Teen Universe,” pungkasnya. (ovi/aam)