SMP Islamic Qon Jadi Satu-satunya Sekolah Swasta Peraih Predikat Sekolah Inspiratif di Gresik

GresikSatu | SMP Islamic Qon GKB sukses menyabet predikat Sekolah Inspiratif dalam Top 5 Sekolah Inspiratif Nawakarsa Award Gresik Cerdas tahun 2024.

Sekolah ini menjadi satu-satunya sekolah swasta unggul dan mampu bersaing dengan sekolah negeri di Kabupaten Gresik.

Sebelum ditetapkan menjadi Sekolah Inspiratif, Kepala Sekolah SMP Islamic Qon, Dra Sholihah mendapat pertanyaan mengejutkan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani.

Dra Sholihah ditanya soal perannya dalam menangani kasus bullying yang marak terjadi di lingkungan sekolah. Namun ia berhasil menjawab tuntas dalam waktu 2 menit saja.

“Tentu karena kami sebagai sekolah penggerak, proses pembelajaran adalah berdeferensiasi untuk memfasilitasi karakter dan keunikan siswa,” ungkapnya, Jum’at (31/5/2024).

Lomba sekolah inspirasi yang digagas oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik ini memiliki beberapa tema, diantaranya : penguatan pendidikan karakter yang meliputi : tuntas baca tulis Al Qur’an dan tahfidz, sejarah dan budaya lokal, serta keterampilan atau unggulan lokal.

Baca juga:  Dispendik Gresik Wacanakan Jalur Mandiri untuk Mengatasi Kekosongan Kuota PPDB 2023

Kemudian, penguatan lingkungan sekolah ramah anak yang meliputi : satu kebijakan atau regulasi ramah anak, proses belajar ramah anak, serta penghapusan 3 dosa besar pendidikan (intoleransi, bullying, dan kekerasan seksual).

Untuk tema yang selanjutnya adalah penguatan manajemen meliputi pemanfaatan raport pendidikan dalam perencanaan sekolah dan sekolah adiwiyata.

Dari tema tema tersebut, terutama penguatan pendidikan karakter kategori tuntas baca tulis Al Qur’an dan tahfidz telah menjadi nafas di SMP Islamic Qon. SMP Islamic Qon berhasil menerapkan seluruh teme yang ada dalam proses pembelajaran.

“Untuk penguatan baca tulis Al Qur’an dan kelas Tahfidz di SMP Islamic Qon sudah masuk dalam kurikulum dengan durasi 8 jam kelas reguler dan 14 jam kelas tahfidz. Selain itu, kelancaran mengaji menjadi syarat kenaikan kelas,” ungkapnya.

Baca juga:  Pemuda 20 Tahun Warga Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Sawah

SMP Islamic Qon juga memiliki program Tashih ibadah. Budaya lokal menjadi hal yang selalu diperhitungkan sekolah unggul tersebut dalam program P5.

“Kami memiliki project daur ulang, pembuatan ekoenzim. Kemudian, untuk regulasi ramah anak sendiri SMP Islamic Qon memiliki tatib yang harus dipenuhi seluruh stakeholder sekolah, siswa, dan wali murid. Kami juga mengkampanyaken anti bullying di sekolah,” terangnya.

Menjadi satu-satunya sekolah swasta peraih predikat inspiratif di kabupaten Gresik, membuatnya sangat bangga meraih penghargaan yang diberikan langsung oleh Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani.

“Alhamdulillah, prestasi SMP IQON patut dibanggakan karena merupakan sekolah swasta yang masuk 5 besar,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler