Studi Banding Kemenag Bojonegoro ke Kemenag Tuban: Berbagi Ide dan Program Unggulan

GresikSatu | Dalam upaya meningkatkan kinerja dan efektivitas layanan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan kunjungan ke Kemenag Tuban.

Acara yang bertajuk studi banding ini digelar di gedung pusat Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Tuban pada Kamis (11/7/2024).

Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Bojonegoro, Zainal Arifin, yang mewakili Kepala Kemenag Bojonegoro, menyatakan bahwa kunjungan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan media untuk bertukar ide serta program.

“Selain untuk mempererat hubungan, kunjungan ini juga bertujuan untuk bertukar ide dan program yang dapat meningkatkan kualitas layanan di Kemenag Bojonegoro,” ujarnya.

Selama kunjungan tersebut, Kemenag Bojonegoro mengidentifikasi beberapa program unggulan dari Kemenag Tuban yang berpotensi diadopsi.

Baca juga:  Salah Masuk Kolam Dewasa, Dua Bocah TK Asal Rembang Tewas Tenggelam di Wisata Jatiwangi Tuban

Seperti Program Tuban mBangun Keluarga (Bangga) dan Program Haji Mandiri yang dijalankan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan.

“Dua program ini rencananya akan kami adopsi dan implementasikan di lingkup Kemenag Kabupaten Bojonegoro,” tambah Zainal.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, mengungkapkan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk saling melengkapi program satu sama lain.

Mengingat kedua kabupaten berada dalam satu wilayah kerja yang sama dan memiliki tugas pokok serta fungsi yang serupa, sinergitas menjadi kunci dalam peningkatan kinerja.

“Kita membangun sinergitas dan saling mendukung satu sama lain agar program-program yang ada dapat dimaksimalkan dengan lebih baik,” jelas Umi.

Baca juga:  Dimeriahkan Guyon Waton, Porkab Tuban 2024 Dibuka

Umi juga menekankan pentingnya merangkul semua pihak dalam membangun sinergi, terutama para pegawai di lingkungan Kemenag.

“Semua harus dirangkul, terutama dari bawah, seperti halnya para pegawai di masing-masing KUA,” tandasnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kedua belah pihak, dengan adanya adopsi program unggulan yang mampu meningkatkan kualitas layanan dan kinerja di Kemenag Bojonegoro maupun Tuban.

Reporter:
Zidni
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler