Tak Ada Tambahan Rombel, Kuota PPDB Gresik 2024 Sama Seperti Tahun Lalu

GresikSatu | Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang TK, SD dan SMP Negeri Kabupaten Gresik tahun ajaran 2024 tak berubah dari tahun lalu. 

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dan Peraturan Bupati Gresik Nomor 15 Tahun 2021, Pendaftaran PPDB ini akan dimulai bulan Juni 2024.

Sekretaris Dispendik Gresik Herawan Eka Kusuma menyampaikan jumlah rombel PPDB tahun 2024. Untuk tingkat TK ditetapkan sebanyak 8 rombel, SD Negeri ditetapkan sebanyak 490 rombel dan SMP Negeri sebanyak 236 rombel.

“Setiap sekolah memiliki rombel dengan jumlah kuota berbeda. Untuk pagu TK sebanyak 20 siswa per rombel, SD sebanyak 20 hingga 28 siswa per rombel dan SMP 32 siswa per rombel,” tuturnya, Kamis (30/5/2024).

Baca juga:  Sosok Mayat Perempuan yang Ditemukan di Persawahan Benjeng Ternyata Warga Lumajang, Korban Pembunuhan?

Di tahun 2024, kuota PPDB TK ditetapkan sebanyak 160 siswa, sementara SD ditetapkan maksimal 13.720 siswa. Dan kuota SMP negeri sebanyak  2.281 siswa.

Di tingkat TK ada sebanyak 3 sekolah di Kabupaten Gresik. Kemudian tingkat SD sebanyak 274 sekolah, dan tingkat SMP sebanyak 34 sekolah.

“Jumlah rombel kita masih sama tetap, tidak ada perubahan,” tuturnya.

Ada 3 mekanisme yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan diri di sekolah negeri yakni jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur perpindahan orang tua. Sedangkan untuk jenjang jenjang SMP, ditambah dengan jalur prestasi.

Secara umum PPDB dilaksanakan secara online untuk SMP, gabungan online dan offline untuk SD dan offline untuk PAUD. Hal ini bertujuan mempermudah peserta didik, orang tua, masyarakat untuk mendaftar dan memantau hasil PPDB.

Baca juga:  PPDB SMP Jalur Tahfidz, 73 Siswa Jalani Uji Petik
Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler