Ubah Kampung Kumuh Jadi Bersih, Warga RW 01 Kelurahan Sukorame Gresik Sabet Penghargaan Proklim dari KLHK

GresikSatu | Kepedulian terhadap lingkungan ternyata membawa berkah, bagi warga RW 01 Kelurahan Sukorame Gresik. Mereka dianugerahi penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) karena mampu mengubah kampung kumuh jadi bersih.

Penghargaan bergengsi itu diselenggarakan oleh KLHK dalam acara Puncak festival Program Kampung Iklim (Proklim) di Jakarta, pada Jum’at (28/10/22) kemarin. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri KLHK dan diterima dengan bangga dari perwakilan RW 01 Kelurahan Sukorame.

Sekedar diketahui, Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program binaan KLHK dengan tujuan penguatan aksi lokal pengendalian perubahan iklim dalam menjalankan kesadaran dan pengelolaan lingkungan.

Kampung Sukorame menjadi salah satu pemenang nominasi Proklim Utama. Acara puncak Proklim skala nasional ini ditetapkan berdasarkan nilai hasil perhitungan dari komponen adaptasi, mitigasi, dan keberlanjutan.

Baca juga:  Berkat Inovasi Rak Curhhaat, Warga Sukorame Gresik Dapat Penghargaan Proklim dari KLHK

Ketua RW Kelurahan Sukorame, Kecamatn Gresik, Kabupaten Gresik Totok Haryanto menuturkan, untuk menuju Gresik maju dan berprestasi harus didukung lingkungan bersih, masyarakat berdaya, serta keterampilan mengelola sarana. Tidak luput sokongan dana dalam menjalankan misi program binaan.

“Sukorame memang semula kampung kumuh, kemudian menjadi kampung hijau nan asri. Ini didapat dari semangat warga dan dukungan pihak yang terlibat,” katanya Minggu (30/10/22).

Banyak program swasembada masyarakat yang berhasil dikembangkan. Mulai dari pengelolaan sampah plastik, water treatment, penanaman sayuran hijau, pembibitan hingga pengelolaan produk tanaman markisa.

“Selain upaya pelestarian lingkungan, kita juga ada program tertib sampah, perpustakaan warga, cctv pengawas keamanan, taman kini yang juga terdapat budidaya ikan gurame,” kata Totok Haryanto didampingi istrinya Retno Istanti. 

Baca juga:  Unggul Telak, Calon Petahana  Kembali Pimpin Desa Sumurber 

Penghargaan yang berhasil diraih Kelurahan Sukorame dapatkan antara lain : Gresik Berhias periode 2016, Kampung Lisa Berseri periode 2017 – 2019 Pratama Madya Mandiri Provinsi Jatim, Kampung Marlisa Mitra Binaan Pertamina Lubricants dan Proklim Nasional periode 2022 (ovi/aam)

Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler