Selasa, Februari 7, 2023

Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 

GresikSatu | Bagi masyarakat yang hendak mudik di momen lebaran nanti, pemerintah mensyaratkan untuk malakukan vaksinasi ke tiga atau vaksin booster. Peraturan ini menjadi syarat mutlak untuk diperbolehkan mudik di kampung halaman.

Untuk melayani vaksinasi booster, pemerintah Kabupaten Gresik terus membuka gerai layanan vaksinasi. Salah satunya di Desa Yosowilangun, Manyar Gresik. Tidak sedikit masyarakat melakukan vaksinasi sebagai persiapan mudik saat momen lebaran idul fitri nanti. 

Seperti yang dilakukan peserta vaksin Maulidiyah Putri Wulandari asal Desa Leran Manyar. Perempuan berusia 24 tahun itu melakukan vaksin booster untuk syarat mudik. 

“Rencana nanti mau mudik ke Jember, ada nenek disana, harus vaksin booster dulu, biar nanti bisa mudik sama keluarga,” ucapnya. 

Baca juga:  Kontrol Kelayakan, Polres Gresik Periksa Senpi 36 Anggota

Baca Juga : Motor Hadiah Pernikahan Milik Muhammad Rosul Warga Cerme Digondol Maling

Vaksinasi itu pun langsung ditinjau langsung Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta beserta pejabat utama (PJU) Polda Jatim, Polres Gresik dan Forkopimda serta para pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP). 

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, pihaknya mengajak para OKP bisa mendukung kegiatan vaksinasi di Kabupaten Gresik. 

“Di Jatim ada ada 78 titik dengan sasaran 32. 000 penerima vaksin. Di Desa Yosowilangun Ini 400 kuota untuk lansia dosis kedua dan ketiga,” ucapnya, Selasa (29/3/2022). 

Menurutnya, vakisnasi ini juga menyambut bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti. 

Baca juga:  Ngaku Belajar dari YouTube, Pria di Gresik Nekat Oplos Gas LPG

“Kami himbau vaksinasi booster kepada lansia. Apabila belum vaksin bisa langsung minta informasi ke Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Baca Juga : Puluhan Organisasi Relawan Presiden di Banyumas, Deklarasi Satu Komando Kepada Jokowi 2024

Apalagi, tambah Nico momen perjalanan mudik lebaran nanti juga syarat vaksin booster. “Ayo segera vaksin, mumpung ada waktu. Untuk keamanan dan kesehatan keluarga dan masyarakat,” tambahnya. 

Karena dalam momen lebaran akan disiapkan pos pengamanan, pelayanan dan pemantauan arus perjalanan mudik.

Diketahui, update  total capaian sasaran vaksinasi di Kabupaten Gresik per tanggal 28 Maret 2022 1.011. 687. Dengan rincian vaksinasi pertama 948.961 (93,80%), vaksinasi ke dua 850.397 (84,06%), vaksinasi ke tiga 104.434 (10, 33%). (Faiz/Sah)