Wisata Ranu Regulo: Harga Tiket, Rute, Aktivitas, dan Tips Berkunjung

GresikSatu | Ranu Regulo adalah salah satu danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Dengan pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang, Ranu Regulo menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam dan fotografi.

Pada awalnya Ranu Regulo adalah tempat wisata alternatif yang diperuntukan untuk para pendaki gunung Semeru yang melewati jalur pendakian Ranu Kumbolo yang sebelumnya ditutup

Daya Tarik Ranu Regulo

Ranu Regulo dikelilingi oleh hutan pinus dan pegunungan yang menambah kesan alami dan menenangkan. Air danau yang jernih dan udara yang sejuk membuat siapa pun betah berlama-lama di sini.

Kawasan Ranu Regulo kaya akan berbagai jenis flora dan fauna, pengunjung bisa melihat berbagai jenis burung, serta flora khas hutan pegunungan.

Spot Fotografi yang Instagramable

Banyak spot fotografi yang indah di sekitar Ranu Regulo. Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memantul di permukaan danau adalah momen yang sangat dinantikan oleh para fotografer.

Harga Tiket Ranu Regulo

Harga tiket masuk ke Ranu Regulo cukup terjangkau. Untuk wisatawan domestik, harga tiket masuk adalah Rp 19.000 per orang, meliputi Rp. 10.000 untuk tiket masuk, Rp. 5.000 untuk kegiatan dan Rp. 4.000 untuk asuransi.

Rute Menuju Ranu Regulo

Bagi yang menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus menuju Malang, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum menuju Tumpang dan Desa Ranupani.

Baca juga:  Air Terjun Antrukan Rekasan, Wisata Alam Hidden Gem di Lumajang

Dari Ranupani, Anda bisa berjalan kaki atau menyewa ojek menuju Ranu Regulo.

  • Dari Malang
    Jika Anda berangkat dari Malang, Anda bisa mengambil jalur menuju Tumpang dan melanjutkan perjalanan menuju Desa Ranupani. Dari Desa Ranupani, perjalanan menuju Ranu Regulo dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.
  • Dari Surabaya
    Untuk pengunjung yang berangkat dari Surabaya, Anda bisa mengambil jalur tol Surabaya-Malang, kemudian mengikuti rute menuju Tumpang dan Desa Ranupani.

Aktivitas di Ranu Regulo

  • Camping

Ranu Regulo adalah tempat yang ideal untuk berkemah. Area sekitar danau menyediakan lahan yang cukup luas dan aman untuk mendirikan tenda camping.

Pengunjung dapat melakukan observasi berbagai jenis flora dan fauna yang ada di sekitar Ranu Regulo, suara kicau burung akan bersautan menyambut anda dipagi hari ketika camping di sini.

  • Trekking

Jalur trekking menuju Ranu Regulo cukup menantang dan menyenangkan. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan.

  • Fotografi

Seperti yang telah disebutkan, Ranu Regulo adalah surga bagi para fotografer. Pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang membuat tempat ini sangat ideal untuk sesi fotografi.

Fasilitas di Ranu Regulo

  • Area Parkir yang Luas
    Ranu Regulo menyediakan area parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pribadi.
  • Kamar Mandi dan Toilet
    Tersedia kamar mandi dan toilet yang bersih untuk kenyamanan pengunjung.
  • Warung Makan
    Di sekitar Ranu Regulo terdapat beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.
  • Pusat Informasi
    Terdapat pusat informasi yang siap memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung, termasuk peta dan jalur trekking.
Baca juga:  Spikoe Kuno Legendaris, Oleh-oleh Khas Surabaya

Tips Berkunjung ke Ranu Regulo

  • Periksa Cuaca Sebelum Berangkat
    Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum berangkat ke Ranu Regulo. Cuaca yang buruk bisa mengganggu aktivitas outdoor Anda.
  • Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan
    Jangan lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti tenda, sleeping bag, peralatan memasak, dan pakaian hangat.
  • Jaga Kebersihan
    Selalu jaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bawa kembali sampah Anda dan buang di tempat yang telah disediakan.
  • Gunakan Pemandu Wisata
    Untuk pengalaman yang lebih menyenangkan dan informatif, Anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang tersedia di Desa Ranupani.
  • Siapkan Fisik dan Mental
    Jalur menuju Ranu Regulo cukup menantang, oleh karena itu pastikan Anda dalam kondisi fisik dan mental yang prima.

Ranu Regulo adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan berbagai aktivitas menarik.

Dengan harga tiket yang terjangkau dan berbagai fasilitas yang tersedia, tempat ini layak menjadi pilihan untuk liburan Anda berikutnya.

Nikmati keindahan alam, belajar tentang flora dan fauna, dan rasakan pengalaman berkemah yang tak terlupakan di Ranu Regulo.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler