Minggu, Februari 5, 2023

Dandim Gresik Bakal Libatkan Pentolan Perguruan Silat ikut Patroli Malam

GresikSatu | Menjelang perayaan natal dan tahun baru, Dandim 0817/ Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar bersama seluruh perguruan silat di Kabupaten Gresik, menggelar agenda duduk bareng.

Acara tersebut digelar di salah satu restoran dan dihadiri 16 perguruan silat. Dihadapan Dandim, mereka satu suara akan menjunjung persatuan hingga menjaga Kamtibmas di wilayah kota Pudak. Termasuk menghindasi bersitegang antar perguruan silat.

Nah, dalam menciptakan Kamtibmas, Dandim 0817/ Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar berencana melibatkan seluruh pentolan perguruan silat dalam kegiatan patroli malam. Tujuannya ikut terlibat aktif dalam menjaga keamanan.

“Salah satu konsep manfaat perguruan ini bisa mengayomi. Bila perlu saya akan membawa mereka, sebagai ketua IPSI di sini mengajak mereka patroli bareng. Mana yang kurang bagus kita tertibkan justru kita memanfaatkan IPSI. Keamanan dirasakan,” ujarnya Senin (12/12/2022).

Baca juga:  Kasus Pengeroyokan Driyorejo, Polres Gresik Amankan Lima Pelaku, Dua lainya Masih Buron

Dandim Gresik yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Gresik menuturkan, dalam kegiatan tersebut banyak menyamakan presepsi dari semua perguruan silat. Bahwa pada dasarnya pencak silat budaya bangsa Indonesia.

“Dalam waktu dekat sebelum libur natal dan tahun baru, kami akan menggelar deklarasi bersama seluruh perguruan silat di Gresik. Tujuannya menciptakan keamanan, ketertiban Gresik yang ada saat ini menjadi lebih baik,” tambah Saleh.

Sementara itu, Sekretaris IPSI Gresik, Aris Afandi mengaku siap jika dilibatkan dalam patroli malam untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Pudak. Hal ini sebagai upaya dalam mendukung deklarasi dalami yang digagas oleh Dandim Gresik.

“Pertemuan para perguruan silat di Gresik akan kembali digelar dalam waktu dekat. IPSI Gresik akan menggelar deklarasi damai sebelum natal dan tahun baru,” bebernya.

Baca juga:  Bawa Sajam saat Pembaiatan Perguruan Silat, Bocah di Gresik Diamankan Polisi 

Diketahui, Kabupaten Gresik ada 32 perguruan silat. Tidak semua perguruan silat aktif, hingga saat ini yang aktif hanya 16 saja. Aktif dalam artian mengikuti kegiatan IPSI Gresik.

“Dalam waktu dekat deklarasi bersama, sudah disepakati, IPSI siap dilibatkan,” kata Aris.

Pertemuan para perguruan silat di Gresik akan kembali digelar dalam waktu dekat. IPSI Gresik akan menggelar deklarasi damai sebelum natal dan tahun baru. (aam)