5 Atlet Panjat Tebing Gresik Bakal Ikuti Ajang PON 

GresikSatu | Lima atlet panjat tebing asal Gresik bakal tampil di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh pada bulan September mendatang.

Mereka berpeluang mendulang medali di ajang perlombaan bergengsi tingkat nasional, kelimanya merupakan atlet terbaik dari cabang olahraga panjat tebing di Gresik.

Kerennya lagi, kelima atlet tersebut berjenis kelamin perempuan. Atlet Panjat Tebing di Gresik memang didominasi oleh kaum hawa dan banyak mendulang prestasi. Hal ini menjadi bukti bahwa talenta atlet perempuan di Gresik tak perlu diragukan.

Lima atlet putri tersebut diantaranya : Kharisma Ragil Rakasiwi, Choirul Umi Cahyaning Ayub, Nur Ismatul Sakdia, Iinaas Nuur Ghoni, dan atlet kebanggan Gresik Alma Ariella Tsany.

Baca juga:  Pecah Telur! Atlet Panjat Tebing Gresik Borong 7 Medali di Ajang POPNAS

Para atlet tersebut kini tengah menjalani pemusatan latihan daerah (Puslatda) FPTI Jawa Timur di Surabaya. Mereka akan digembleng agar bisa tampil maksimal di ajang bergengsi olahraga ini.

Alma Ariella Tsany mengaku pemusatan latihan menjelang PON sudah dilakukan sejak lama, ia menjadi atlet Gresik terakhir yang masuk setelah meningkatkan rangking dengan merebut beberapa medali emas di ajang Porprov Jatim.

“Kita latihan speed, boulder dan teknik  memanjat, selain itu juga lari dan latihan fisik. Di bulan Ramadan kami juga tetep latihan,” ungkap atlet berumur 14 tahun tersebut, Rabu (3/4/2024).

Meski masuk dalam Puslatda, Alma tetap mengikuti berbagai perlombaan untuk meningkatkan rangking dan jam terbang sebelum menghadapi lawan dari berbagai daerah.

Baca juga:  Atlet Panjat Tebing Gresik Siap Berlaga di Kompetisi Internasional di Singapura

“Agar dapat mendongkrak performa pada PON XXI nantinya. Serta rangking ini akan berpengaruh untuk degradasi. Jadi meski sudah ikut Puslatda tetap ada kemungkinan tersingkir,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum FPTI Gresik Sofyan Ats Tsauri mengaku ikut senang atas prestasi anak didiknya. Ia berharap agar para atlet bisa membawa pulang kemenangan.

“Harapan kami dari FPTI Gresik agar atlet yang bertanding di PON mendatang khususnya dari Gresik bisa tampil maksimal. Menunjukkan performa terbaiknya sehingga nantinya bisa membawa nama baik Jawa Timur termasuk Gresik ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler