close
SCROLL UNTUK LANJUT MEMBACA
Scroll untuk membaca artikel

5 Makanan Khas Gresik yang Nikmat Disantap Bareng Keluarga Saat Lebaran

GresikSatu | Hari Raya Idul Fitri 1444 H menjadi momentum perayaan sukacita bagi umat muslim. Momen kemenangan tersebut dicapai setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Saat Lebaran, masyarakat biasanya akan disuguhkan hidangan lezat waktu berkunjung ke sanak saudara lainnya. Mulai dari kue kering bercita rasa manis, hingga menu utama menggugah lidah.

Berikut 5 makanan khas Gresik yang nikmat disantap bareng keluarga saat lebaran diantaranya :

1. Sego Krawu

Gresiksatu.com
Nasi Kerawu ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda atau WBTB. (Foto : IG @nasikerawu_mbukzainab2)

Kata krawu berasal dari krawukan yang artinya dimakan dengan cara mengerahkan seluruh jari tangan (krawuk). Kenikmatan khas menggunakan tangan tidak ada padannya dengan apapun.

Sego Krawu sendiri terdiri dari nasi putih pulen dengan lauk utama suwiran daging sapi berbumbu pekat. Biasanya ditemani taburan serundeng atau poya dari parutan kelapa. Makanan ini paling nikmat disajikan lengkap dengan sambal terasi diatas setangkup daun pisang.

Baca juga:  Makanan Khas Gresik Lontong Roomo

2. Sego Menir

5 Makanan Khas Gresik yang Nikmat Disantap Bareng Keluarga Saat Lebaran
Kesegaran kuliner Sego Menir cocok disantap bareng keluarga (ig @kedaif25)

Salah satu makanan khas yang cukup terkenal selain sego krawu adalah Sego Menir. Sego Menir terdiri dari sayur dan kuah bening dicampur dengan menir. Yakni, beras kecil-kecil yang sudah digerus halus.

Kesegaran menir terasa dengan sambal mangga muda atau yang dikenal sambal pencit. Menjadi kombinasi paling diburu adalah sego menir ditambah lauk bali belut.

3. Lontong Roomo

gresiksatu.com

Sego Roomo atau Lontong Roomo adalah olahan bumbu santan kelapa dan udang dengan rasa gurih serta pedas. Makanan yang biasa dihidangkan dengan pincuk daun pisang tersebut, berwarna kemerahan ditambah daun singkong, koya, dan kerupuk rombak.

Kuliner tersebut berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Bahkan sudah ada sejak masa pemerintahan Sunan Giri.

Baca juga:  Meski Terhitung Langka, Makanan Khas Gresik Lontong Roomo Banyak Diburu di Bulan Ramadan¬†

4. Lontong Bumbu Ladan

Gresiksatu.com
Lontong Bumbu Ladan disajikan Warga Suci sebagai perayan Rebo Wekasan. (Foto : Aam Alamsyah /Gresiisatu.com)

Menu khas wajib di setiap rumah warga saat Rebo Wekasan di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik adalah Lontong Bumbu Ladan.

Berasal dari kelapa parut yang disangrai kemudian ditumbuk halus, ditambah bumbu jangkep atau lengkap kecuali bahan dapur kunir.

5. Opor

Perayaan Lebaran dibuat meriah dengan hidangan opor ayam (ig @warungteteh_nasiliwet)
Perayaan Lebaran dibuat meriah dengan hidangan opor ayam (ig @warungteteh_nasiliwet)

Opor ayam merupakan olahan makanan ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan, serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran dibuat meriah dengan hidangan opor ayam dengan ketupat dan sambal goreng kentang. (ovi/aam)

Advertisement