Air Terjun Eksotis Jawa Timur, Tempat Bertapa Favorit Gajah Mada

GresikSatu | Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun dengan nama lain Tirta Sewana ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang menjulang.

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 200 meter, suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian menciptakan atmosfer yang magis dan menakjubkan bagi setiap pengunjung.

Bukan hanya sebagai objek wisata alam, Air terjun ini dipercaya sebagai lokasi bertapa Patih Gajah Mada, tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang terkenal karena Sumpah Palapa-nya.

Konon, Gajah Mada melakukan meditasi di sini untuk memperkuat tekadnya sebelum memimpin Kerajaan Majapahit, jejak sejarah ini memberikan nuansa mistis bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah Nusantara.

Baca juga:  Gelar Pameran di Gresik, Muhammad Shodiq Suarakan Kehidupan Petani Tembakau Lewat Seni

Perjalanan menuju area air terjun tidaklah mudah, pengunjung harus melewati jalur pendakian yang menantang sekitar 20 menit dari gerbang masuk.

Namun, pemandangan alam yang memukau sepanjang perjalanan akan memuaskan setiap langkah yang diambil.

Aksesibilitas dan Fasilitas Pendukung

Meskipun terletak di kawasan yang agak terpencil, rute menuju lokasi Air terjun dapat diakses melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Di sekitar lokasi, tersedia fasilitas pendukung seperti area parkir dan toilet umum. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas saat menjelajahi keindahan alam ini.

  • Alamat: Branggah, Sapih, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
  • Rute:

Tips Wisata Air Madakaripura

  • Beli jas hujan dan pengaman Handphone di pedagang pintu masuk, karena jalur pendakian dan area air terjun sangat basah
  • Gunakan jasa pemandu untuk tracking ke area air terjun, untuk keamanan jika anda adalah seorang pemula.
  • Jangan mengucapkan kata-kata kotor setelah memasuki pintu masuk, karena tempat ini di anggap sakral.
Baca juga:  Gelar Pameran di Gresik, Muhammad Shodiq Suarakan Kehidupan Petani Tembakau Lewat Seni
Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler