Selasa, Januari 31, 2023

Antisipasi Kemacetan, Dishub Gresik Perketat Jam Operasional Truk 

GresikSatu | Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik melakukan sosialisasi penertiban jam operasional truk. Hal tersebut sesuai dengan surat yang dikeluarkan Dishub per tanggal 20 Juli 2022. Tentang pembatasan jam operasional angkutan barang, galian C, dan batu bara. 

“Hal tersebut sebagai langkah penegakan aturan operasional angkutan barang, maupun galian C. Untuk menekan angka kecelakaan dan kemacetan di wilayah Kabupaten Gresik,” ucap Kepala Dishub Gresik Tarso Sagito, Jum’at (22/7/2022). 

Ditegaskan mantan Kepala BPBD Gresik, jam operasional angkutan barang dan galian C dilarang melakukan aktifitas pengangkutan mulai pukul 05.00 WIB sampai 08.00 WIB dan pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sedangkan diperbolehkan aktifitas mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, dan pukul 18.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB. 

Baca juga:  Mudik Pakai Pesawat Terbang, Perjalanan ke Bawean Hanya 55 Menit

“Jam larangan operasional tersebut berlaku untuk kendaraan yang bermuatan maupun tidak bermuatan,” tegasnya. 

Menurutnya, kendaraan yang bermuatan galian C dan batu bara dan sejenisnya, wajib menyediakan dan memasang penutup terpal saat pengangkutan. Hal tersebut sebagai antisipasi keselamatan dan kenyamanan para pengendara di Jalan. 

“Sosialisasi jam operasional truk ini kami tujukan kepada perusahaan logistik dan bongkar muat di Kabupaten Gresik,” ujarnya memungkasi. (faiz/aam)