Atap Ruang UGD RSUD Umar Mas’ud Bawean Gresik Ambrol Akibat Gempa Tuban

GresikSatu | Sejumlah bangunan di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik mengalami kerusakan parah akibat gempa susulan.

Gempa tersebut berkekuatan Magnitudo (M) 6.5 terjadi pukul 15:52:58 WIB, di pusat gempa 5.76 LS, 112.33 BT atau 130 kilometer timurlaut Tuban atau 36 km dari Pulau Bawean, Jumat (22/3/2024). 

Gedung yang terdampak kerusakan akibat gempa adalah, RSUD Umar Masud. Fasilitas kesehatan utama di Pulau Bawean itu rusak parah. Atap plafon ambruk total di bagian Unit Gawat Darurat (UGD).

Dalam video amatir yang beredar, atap plafon rumah sakit ambrol di ruangan UGD mengeni bed pasien. Pelayanan di UGD pun lumpuh dan dipindahkan ke tempat lain. Sementara para pasien dievakuasi ke luar gedung.

Baca juga:  Dramatis! Ibu Melahirkan Bayi di Atas Kapal Bawean Menuju Gresik

“UGD runtuh, UGD runtuh. Mrotol. Atapnya habis,” ucap seorang pria perekam video tersebut, Jumat (22/3/2024). 

Direktur Utama (Dirut) RSUD Umar Masud drg Helizzamah membenarkan kejadian tersebut. 

“Benar plafon di ruang UGD ambrol, pelayanan dialihkan ke ruangan lain yg lebih aman secara kontruksi tidak ada plafon,” ucapnya, Jum’at (22/3/2024). 

Menurut dia, ketika terjadi getaran gempa semua keluarga pasien dan petugas langsung semburat keluar gedung. Termasuk mengevakuasi para pasien.

“Semuanya panik, termasuk saya masih syok. Karena memang gempa terasa cukup besar. Para keluarga pasien membawa pasien keluar,” jelasnya. 

Ada sekitar 17 pasien yang terpaksa dievakuasi keluar rumah sakit akibat gempa tersebut.

“Semoga tidak ada gempa susulan, kami masih siaga dan khawatir,” ujarnya. 

Baca juga:  Tiga Dokter Spesialis RSUD Umar Masud Bawean, Berakhir Masa Tugas

Seperti diberitakan, gempa susulan terjadi sekitar pukul 15:52:58 WIB. Berkekuatan M 6.5 pada kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berada di 5.76 LS, 112.33 BT atau 130 kilometer timurlaut Tuban atau 36 km dari Pulau Bawean.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler