Bagi Anak Kos, Catat Ini 5 Masjid di Gresik yang Sediakan Menu Takjil Gratis Selama Bulan Ramadan 

GresikSatu | Bulan Ramadan menjadi bulan penuh berkah dengan amalan kebaikan. Bulan ini memiliki keistimewaan dengan banyaknya orang yang berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan terhadap sesama.

Spesial di bulan Ramadhan, biasanya selalu ada tempat yang menyediakan takjil dan makanan gratis untuk berbuka puasa.

Ketua Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik Zainal Abidin mengungkapkan ada beberapa masjid Binaan Dewan Masjid Indonesia Gresik yang aktif dalam menyediakan makanan berbuka puasa selama bulan Ramadhan

Selain sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan, masjid tersebut telah rutin menggelar kegiatan ini selama bertahun-tahun.

“Yakni Masjid Al Ikhlas Sidowungu Menganti, Masjid Ainul Yakin Ujung Pangkah, Masjid Baitus Salam Kebomas, Masjid KH. Ahmad Dahlan Bunder, dan Masjid Asy-Syafi’i Pongangan Manyar,” ungkapnya, Jum’at (15/3/2024).

Nah, bagi Anda yang tidak ingin melewatkan kesempatan ini selama Ramadan, berikut 5 Masjid di Gresik yang menyediakan menu takjil gratis :

  1. Masjid Al Ikhlas Sidowungu Menganti

Di Masjid Al Ikhlash Sidowungu Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, jamaah masjid mendapat sekitar 350 porsi santapan setiap hari untuk berbuka puasa yang dibagikan secara gratis.

Itu juga belum termasuk cemilan, minuman, dan buah-buahan. Masjid yang serupa istana ini sangat makmur, tak hanya  takjil gratis ini tak hanya dibagikan kepada jemaah tapi juga pedagang kaki lima di sekitar masjid.

  1. Masjid Ainul Yakin Ujung Pangkah

Masjid Jami’ Ainul Yaqin yang terletak di Jalan Kauman Utara desa Pangkah Wetan Ujungpangkah Gresik ini juga tidak pernah absen membagikan takjil gratis kepada para jemaah.

Baca juga:  Mengenal Tradisi Brahatan, Ritual Suci Menyambut Malam Nisfu Sya'ban di Gresik

Masjid yang sangat terkenal dengan nama masjid tiban ini juga tidak lepas dari perkembangan ajaran Islam dan pengaruh Wali Songo.

  1. Masjid Baitus Salam Kebomas

Semenjak 5 tahun belakangan, Masjid Baitus Salam Kebomas tak pernah absen menyediakan 200 takjil gratis dari swadaya masyarakat dan ibu-ibu takmir. Hal ini bertujuan untuk meraup berkah sekaligus mempererat silaturrahmi selama Ramadan.

Selain itu, ada beberapa program yang digelar Masjid Baitus Salam Kebomas selama Ramadan. Diantaranya : Kultum sore menjelang berbuka puasa, Majelis taklim Minggu pagi setelah sholat Subuh, Sedekah darah minggu ke 3 Romadan, Santunan yatim duafa (rutin Bulanan), dan Malam 21 sholat malam dengan Al Hikmah rutin.

  1. Masjid KH Ahmad Dahlan Bunder

Pembagian takjil berupa nasi, kurma dan air mineral sudah dilaksanakan sejak berdirinya Masjid KH Ahmad Dahlan Bunder di tahun 2018. Meski sempat berhenti karena pandemi covid 19 ditahun 2020 dan 2021, namun tak lantas menyurutkan langkah para takmir untuk menggelar kegiatan baik tersebut.

Baca juga:  Sengketa Tanah Wakaf, Pengurus Takmir Masjid di Gresik Dilaporkan Polisi

Untuk jumlahnya, Masjid KH Ahmad Dahlan Bunder setiap hari membagikan 400-500 paket nasi, sementara di hari jumat antara 600-700 porsi.

Dan pada 10 hari terakhir takmir masjid juga menyiapkan menu makan sahur hingga 250-300 porsi berupa nasi beserta lauk pauk, minuman hangat dan juga buah-buahan.

Penyediaan kosumsi makan juga disiapkan diluar bulan Ramadan yaitu setelah pelaksanaan sholat jumat.

Juga ada Kajian Ramadan ba’da shubuh, sebelum berbuka dan setelah tarawih. Perlombaan menulis opini dan fotografi kegiatan kemasjidan.

  1. Masjid Asy-Syafi’i Pongangan Manyar

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan Masjid Asy-Syafi’i Pongangan Manyar selama bulan Ramadan. Yakni Takjil gratis sekitar 100-200 pack/hari, Ngaji ba’da subuh, Ngaji ba’da ashar.

Serta pembukaan Stand jualan samping gapura masjid (disewakan untuk jamaah dan warga sekitar selama Ramadan). Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2015.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Chofifah Qurotun Nida
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler