Kamis, Februari 2, 2023

Bawaslu Gresik Ingatkan Panwascam Cepat Respon Pelanggaran Pemilu

GresikSatu I Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik kembali mengingatkan seluruh jajaran panitia pengawas kecamatan (Panwascam) jangan lamban atau lelet dalam menjalankan tugas dan kinerjanya. Sebaliknya, harus cepat merespon laporan awal masyarakat terkait adanya indikasi pelanggaran pemilu.

Disampaikan Ketua Bawaslu Gresik, Imron Rosyadi yang menyebut Panwascam memiliki peran yang sangat vital dalam mensukseskan terselenggaranya pemilu. Baik dari sisi pengawasan, maupun menuntaskan laporan secepat-cepatnya.

Imron meminta agar segala laporan yang masuk cepat direspon, agar gejolak yang terjadi di tengah masyarakat tidak berlarut-larut dan dapat segera ditangani. Penanganan laporan tersebut, salah satunya melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Jadi seperti pemilu kemarin, setiap laporan awal adanya indikasi pelanggaran yang masuk langsung dibahas atau didiskusikan, jadi bisa dituntaskan secepat-cepatnya,” ujarnya, Kamis (8/12/2022).

Baca juga:  Tangani Pelanggaran, Bawaslu Gresik Bentuk Sentra Gakkumdu Pemilu 2024

Agar bisa tanggap dan cepat, Imron menekankan seluruh personil Panwascam bisa fokus terhadap tugas pokok dan intruksi (Tupoksi) sesuai aturan yang berlaku. Sebab tugas dan tanggungjawab sebagai pengawas pemilu cukup besar di tengah masyarakat.

“Harus fokus di panwas meskipun beberapa punya profesi lain yang tidak melarang untuk merangkap, sebab tugas pengawas pemilu cukup besar,” tegas dia.

Sesuai aturan, formasi Gakkumdu tidak jauh berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Gabungan tiga unsur terdiri dari Bawaslu, Polres, dan Kejaksaan ini bertugas melakukan penanganan segala bentuk pelanggaran pemilu yang mengandung unsur pidana. (Tov)