Cara Menyimpan Daging Ayam yang Sudah Matang di Kulkas agar Tidak Bau dan Busuk

GresikSatu | Biasanya kita sering memasak daging ayam namun tidak untuk segera dikonsumsi, sering kali kita memasaknya setengah matang agar nanti kita mengolahnya menjadi hidangan opor ayam kuah santan atau digoreng saat akan makan.

Permasalahannya kita ingin memastikan bahwa daging tersebut tetap segar dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap saat disimpan di dalam kulkas, agar kualitas dan kesegaran daging ayam yang sudah matang masih terjaga dengan baik.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kualitas dan kesegaran daging ayam yang sudah matang saat kita masukan ke dalam lemari es, berikut panduan lengkapnya.

Intensitas Suhu

Setelah daging ayam matang, pastikan untuk mendinginkannya terlebih dahulu sebelum anda menyimpannya di dalam kulkas.

Pastikan pengaturan suhu dalam kulkas cukup dingin jika Anda meletakkan daging ayam di luar bagian rak freezer, jika memilih meletakkan daging ayam di dalam rak freezer, atur suhunya tidak terlalu dingin agar proses pendinginan daging dapat merata.

Baca juga:  Tips Menggoreng Frozen Food Agar Luarnya Renyah dan Tetap Kenyal

Gunakan Wadah Tertutup

Saat menyimpan daging ayam matang di dalam kulkas, pastikan untuk menggunakan wadah yang tertutup rapat.

Ini akan membantu mencegah bau yang tidak sedap menyebar ke makanan lain di dalam kulkas dan juga melindungi daging dari kontaminasi.

Gunakan Kertas Alumunium atau Plastik Wrap

Selain menggunakan wadah tertutup, Anda juga dapat membungkus daging ayam matang dengan kertas alumunium atau plastik wrap sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Langkah ini akan membantu menjaga kelembaban daging dan mencegahnya menjadi kering atau terpapar udara langsung di dalam kulkas.

Simpan di Bagian Terdingin dari Kulkas

Saat menyimpan daging ayam matang, pastikan untuk menempatkan wadah penyimpanan di bagian terdingin dari kulkas jika kulkas Anda berisi banyak bahan makanan lainnya.

Baca juga:  Tips Menggoreng Frozen Food Agar Luarnya Renyah dan Tetap Kenyal

Biasanya, bagian bawah rak kulkas atau bagian belakang lemari pendingin merupakan area yang paling dingin. Tempatkan daging di sana untuk memastikan kesegarannya terjaga lebih lama.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyimpan daging ayam yang sudah matang di dalam kulkas tanpa khawatir akan bau yang tidak sedap atau penurunan kualitas.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa daging disimpan dengan benar untuk menjaga kesegarannya dan menjaga agar tetap aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler