Cegah Kriminalitas Jelang Lebaran, Satreskrim dan Resmob Polres Gresik Rutin Patroli Malam

GresikSatu | Dalam mencegah kasus kriminalitas di Gresik, Jajaran Satreskrim dan Resmob Polres Gresik gelar patroli malam di beberapa jalanan di Kota Pudak.

Tampak para petugas menyisir area jalan protokol dan area jalan yang banyak kerumunan maupun rawan dilakukan tindak kriminal.

Mulai dari begal, penipuan, pencurian, dan balap liar. Patroli malam ini merupakan kegiatan rutin jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Kasatreskrim Polres Gresik Iptu Aldhino Prima Wirdhan mengungkapkan, kegiatan patroli pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) dilakukan sebagai antisipasi H-5 lebaran, mengingat intensitas kejahatan mulai meningkat. 

“Maka dari itu, saya selaku Kasat Reskrim Polres Gresik beserta anggota Resmob melakukan patroli untuk antisipasi pertama, terjadinya pencurian kendaraan bermotor, atau pencurian dengan kekerasan atau pencurian dengan pemberatan. Juga kami mengantisipasi adanya tawuran beserta balap motor,” ungkapnya, saat patroli malam, Minggu dinihari (16/4/2023). 

Baca juga:  Kepercayaan Masyarakat Turun, Kapolres Gresik Tekan Kondusifitas Kamtibmas dan Pelayanan Publik 

Dalam patroli itu, sasaran utama yang menjadi prioritas untuk dilakukan pemeriksaan terhadap adanya potensi kerumunan masyarakat. 

“Sasaran yang pertama adalah orang-orang yang berkumpul tidak jelas, dan juga orang-orang yang membawa senjata tajam,” jelas lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2002 itu.

Untuk itu, pihaknya terus mengingatkan dan mengimbau kepada warga yang berkerumun di malam sampai dini hari, agar segera pulang ke rumah masing-masing 

“Tadi ini, belum ada gerombolan yang diamankan. Tapi setiap kami melakukan patroli kalau melihat gerombolan kita imbau untuk segera pulang ke rumah masing-masing. Khususnya jam jelang sahur sekitar pukul 02.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB,” paparnya. 

Sembari patroli, petugas Korps Bhayangkara itu juga melakukan bakti sosial di sela-sela kegiatan patroli. 

Baca juga:  Ciptakan Kamtibmas selama Ramadan, Polres Gresik Gelar Pra Perasi Pekat Semeru 2024

“Sambil patroli ini, kami juga melakukan bakti sosial yaitu membagikan makanan dan minuman sahur untuk orang-orang yang membutuhkan, kita salurkan kepada seperti tukang becak, tukang ojol, pengemis, dan sebagainya,” tambahnya memungkasi. (faiz) 

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler