Cerita Warga Driyorejo Gresik Tak Berani Tidur saat Rumahnya Hancur Gara-gara Tanah Ambles

GresikSatu | Lima Warga Perumahan Graha Mutiara Indah, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik masih merasa was-was setelah rumahnya hancur gara-gara tanah di sekitar ambles.

Mereka bahkan terpaksa mengungsi ke rumah tetangga, khawatir jika terus di dalam rumah bahaya akan terus mengancam.

Salah satu korban Agus Sulis menceritakan kondisi kerusakan rumah lantai dua miliknya cukup parah. Lantai dapur ambles sekitar 120 centimeter dan tembok belakang roboh sejak Minggu pagi (25/2/2024).

“Tanda-tandanya itu, sejak Minggu pagi, terdengar suara krek, krek. Paling parah pas waktu Maghrib, tanah mulai turun dan keramik pecah. Habis itu saya dan istri tidak berani tidur,” ucap Agus saat ditemui di rumahnya, Selasa (27/2/2024).

Diakuinya, sekitar pukul 03.00 dini hari Senin (26/2/2024), terdengar suara keras dari arah belakang rumah. Suara itu seperti bangunan ambruk. Benar saja, semua sudah luluh lantak.

Baca juga:  Niat Puasa 10 Muharram dan Pahala Menghapus Dosa Setahun Lalu

“Ambles, bukan longsor. Sudah dua kali ambles, yang pertama hanya sedikit langsung saya perbaiki. Nah ini yang paling parah. Kira-kira Rp 30 juta itu kalau saya harus perbaiki seperti semula,” jelas pria yang sudah tinggal 10 tahun di perumahan tersebut.

Pantauan di lapangan, kendati lantai dapur mengalami ambles cukup dalam, keluarga Agus masih beraktivitas di dalam rumah.

“Untuk sementara saya dan keluarga kalau istirahat tidur masih harus ngungsi ke rumah tetangga sejak Senin malam. Karena masih potensi akan kembali ambles,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Jaka, tetangga samping rumah Agus yang turut menjadi korban. Ia berharap ada perhatian dari pemerintah daerah dan tanggung jawab dari pihak pengembang perumahan.

Seperti diberitakan, lima unit rumah rusak parah akibat tanah ambles di Perumahan Graha Mutiara Indah Blok A3, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik, Senin dini hari (26/2/2024).

Baca juga:  Penjual Takjil di Gresik Masih Banyak Gunakan Kantong Plastik, Timbunan Sampah Dipastikan Meningkat Selama Ramadan

“Iya benar. Lima unit rumah mengalami kerusakan akibat tanah ambles,” ucap Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Suyono, Selasa (27/2/2024).

Berikut ini rincian kerusakan yang terjadi akibat tanah ambles di Perumahan Graha Mutiara Indah.

  1. Laminto – Lantai dapur dan kamar ambles 40-70 centimeter. Tembok dapur roboh.
  2. ⁠Yohanes – Lantai kamar dan dapur ambles 30-140 centimeter. Tembok dapur roboh.
  3. ⁠Nanang – Tembok dapur, kamar tidur dan kamar mandi rusak, lantai ruang tamu ambles, serta plafon rusak.
  4. ⁠Agus – Lantai dapur ambles 120 centimeter dan tembok belakang dapur roboh.
  5. ⁠Jaka – Lantai dapur ambles 120 centimeter.
Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler